The New NASA’s Mars Rover, Mobil Baru Penjelajah Mars Kelak

 

Hai PiBi, ada yang punya cita-cita sebagai astronot? kalau ada buruan belajar yang bener, latihan yang giat. Soalnya NASA sudah siapkan kendaraan yang bisa kamu buat jalan-jalan di planet Mars. Asik kan…

 

 

Dimulai sejak akhir tahun 2016, Kenedy Space Center milik NASA berkolaborasi dengan beberapa perusahaan jaringan dan perusahaan design bersama membuat mobil penejelajah Mars secara utuh. Pada 5 Juni 2017 kemarin sebuah video dirilis di komplek pengunjung Kenedy Space Cantre kantor NASA, Florida, Amerika Serikat. Terlihat The New NASA’s Mars Rover itu sekilas mirip “Batmobile”, mobil khas tumpangan Batman ketika beraksi.

 

 

Dikutip dari Businessinsider.com, Marc Parker, sang designer, menjelaskan kalau mobil enam roda itu semuanya berbasis listrik  yang dibuat untuk NASA dengan tujuan besarnya yaitu mengatasi hambatan medan berpasir dan berbatu di planet merah itu.

 

 

Layaknya sebuah kendaraan yang mengutamakan kenyamanan, The New NASA’s Mars Rover juga dilengkapi GPS, AC dan radio. Marc mengatakan keseluruhan body mobil ini terbuat dari aluminium dan serat karbon demi menjaga berat yang ringan. Diperkirakan juga massa dari mobil itu hanya 5000 pound atau sekitar 2,5 ton kurang lebih sama dengan berat sebuah Honda Civic. Cukup ringan bukan?.

Untuk kecepatanya sendiri, The New NASA’s Mars Rover bisa melaju 60-70 mph. Namun ketika menghadapi medan berat seperti bebatuan, bukit-bukit, kawah, pasir dan lainya keceptannya hanya berkisar 10-15 mph. Di masing-masing roda juga sudah dilengkapi suspense khusus untuk bisa menaklukan hambatan dengan mudah.

 

 

Namun menurut Parker lagi, mobil penjelajah yang belum punya nama itu masih jauh untuk ditempatkan di Mars dalam waktu dekat. NASA merencanakan mobil itu bakal digunakan untuk tour lintas negara untuk sebuah kamapanye pendidikan untuk menginspirasi masyarkat luas tentang eksplorasi ruang angkasa dan perjalanan antar planet yang dinamakan “Summer of Mars”.

Karena rencana awal untuk misi pendidikan, NASA belum membiayai keseluruhan proyek yang digawangi oleh Parker Brothers Concepts. Selain untuk kampanye pendidikan, ternyata mobil ini bakal dipakai untuk pembuatan reality television series lho PiBi. Acara televise itu bernama “Mythbuster” dibawah naungan discovery Channel. Wah, kita tunggu saja ya aksi mobil penjelajah Mars itu.

 

 

Dan sebagai tujuan pamungkasnya, Marc berharap pada proyek ini mampu menginspirasi NASA dan masyarakat luas tentang masa depan eksplorasi luar angkasa. Amiiin…

(FAH)

 

sumber: Designboom, TechCrunch, Blog.Nasa.gov

 

Baca Juga:

Modifikasi Unik, Mobil Sedan ini Terlihat seperti Buaya Berjambul

Faraday Future FF 91 Bisa Jadi Pesaing Berat Tesla

Honda Riding Assist: Motor yang Bisa Berjalan Sendiri

Google Waymo, Mobil Full Self Driving Ride Pertama di Dunia

Siap-Siap Liburan Akhir Tahun Anti Mainstream: Wisata Ke Bulan dan Planet Lainnya

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar