5 Paspor dengan Desain Super Kreatif

Paspor biasanya dibutuhkan saat perjalanan internasional. Karena harus ditunjukkan ketika memasuki perbatasan suatu negara. Walaupun di negara tertentu ada beberapa perjanjian di mana warga suatu negara tertentu dapat memasuki negara lain dengan dokumen selain paspor.

Masih ingat tentang Brexit, PiBi? Nah sebuah website khusus desain mengadakan kompetisi untuk membuat desain paspor Brexit. Desain dalam Deezen’s Brexit Passport Desaign Competition ini sangat unik dan kreatif. Mulai dari flipbook dengan animasi rusa sampai susunan musik yang akan muncul di bawah sinar backlight. Berikut 5 paspor dengan desain super kreatif. Simak ya!

 

1.   Paspor Norwegia

Sumber: dezeen.com

Neue Design Studio memenangkan sebuah kompetisi untuk mendesain ulang paspor Norwegia pada tahun 2014. Desain paspor ini dibedakan dengan dua ilustrasi dalam bentuk landscape. Uniknya, paspor Norwegia yang didesain oleh Neue Design Studio dapat berubah ketika diletakkan di bawah sinar UV. Selain itu, cover paspor Norwegia juga terdiri dari tiga variasi yaitu standar, imigrasi, dan diplomatik yang dibalut dengan fitur warna stabilo dilengkapi dengan lambang di pojok kiri.

 

2.   Paspor Finlandia

Sumber: dezeen.com

Paspor Finlandia mungkin satu-satunya paspor dengan desain yang menghibur para traveler dua kali lipat ketika para traveler terjebak dalam sebuah antrian panjang misalnya. Terdapat fitur yang sangat istimewa dalam paspor Finlandia ini yaitu kalian akan menemukan ilustrasi rusa yang sedang berjalan ketika kalian mengibaskan halaman paspor tersebut layaknya flipbook.

Paspor Finlandia ini dirancang pada tahun 2012 oleh konsorsium bekerja sama dengan Dewan Kepolisian Finlandia. Namun sayangnya PiBi, desain unik ini akhirnya digantikan dengan desain baru yang dirancang dari Gemalto pada awal tahun 2017 kemarin. Dalam desain yang baru itu menampilkan seekor angsa yang terbang di tempat rusa yang besar.

 

3.   Paspor Swiss

Sumber: dezeen.com

Menurut penulis Richard Hollis, Swis merupakan negara pertama yang memilki paspor dengan desain professional. Sejak tahun 2003, desain yang dipakai untuk paspor Swiss adalah paspor dengan sampul warna merah terang ditambah dengan lambang pola salib.

Meskipun sebagian negara memilih warna-warna pastel dan warna kalem untuk desain paspornya, tetapi justru berbeda dengan negara Swiss yang lebih memilih untuk menampilkan warna-warna primer yang dilapisi dengan pola salib, ciri kas dari negara Swiss.

 

4.   Paspor Hungaria

Sumber: dezeen.com

Sejumlah negara memilih menggunakan ilustrasi tersembunyi yang hanya muncul jika diletakkan di bawah sinar backlight sebagai salah satu fitur keamanan mereka. Sebut saja Norwegia dengan cahaya utaranya, Kanada dengan kolase simbol nasionalnya, sampai China dengan tembok besarnya yang akan terlihat jika di letakkan di bawah sinar backlight.

Tapi ada satu lagi dan ini merupakan salah satu dari yang terbaik, yaitu Hungaria. Di dalam paspor Hungaria jika diletakkan dalam sinar UV, paspor akan menampilkan susunan musik Szózat, salah satu lagu kebangsaan negara.

 

5.   Paspor Jepang

Sumber: dezeen.com

Pada tahun 2016 Kementerian Luar Negeri Jepang mengumumkan desain baru untuk paspor Jepang. Desain paspor Jepang yang baru ini menampilkan karya khusus seri landskap dari artis ukiyo-e woodblock yaitu, Katsushika Hokusai dengan gambar tiga puluh enam pemandangan gunung fujinya.

Dalam desain sampul paspor Jepang yang baru di tengah-tengahnya menampilkan Imperial Seal Jepang dan di atasnya terdapat kata-kata dalam bentuk tulisan kuno “Japan Passport” dengan script legal.

 

Bagaimana kalian suka desain paspor nomor berapa, Pibi?

 

 

(ANR)

Baca Juga:

Smart Writing Set, Menulis di Buku Catatan Langsung Jadi Digital

Angelfish dan Swordfish, Smartwatch Keren dari Google

10 Fitur Lengkap dengan Tampilan Design klasik dan Warna Yang Ekspresif Notebook Asus Terbaru X540LJ Yang Harus Kamu Tahu!

Alcatel Vision VR, Headset VR Pertama yang Tak Butuh Smartphone!

Bingung Milih Kado Buat Adikmu ? Coba Smartwatch Baru Xiaomi MITU Watch For Kids!

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar