Apple CarPlay is Coming Up!

Halo PiBi! Siapa, nih, diantara kalian yang ngga bisa jauh dari handphone? Mungkin banyak diantara kita yang menggunakan handphone, bahkan ketika sedang berkendara. Perlu kalian tahu, nih, kalau menggunakan handphone ketika berkendara, sangat berbahaya.

 

menggunakan handphone saat berkendara (sumber: The Oddysey Online)

 

Maka dari itu, Apple, sebagai perusahaan telekomunikasi yang beberapa tahun belakangan ini cukup pesat peningkatannya, meluncurkan teknologi yang paling baru, yaitu Apple CarPlay. Dari namanya saja, mungkin kalian sudah bisa menebak kegunaan dari teknologi tersebut. Ya, Apple CarPlay digunakan untuk kalian yang tidak bisa jauh dari handphone walaupun sedang berkendara.

 

apliksi CarPlay dari iPhone (sumber: engadget)

 

Apple CarPlay mempunyai fungsi yang sama seperti iPhone. Kalian dapat menggunakannya untuk menelepon, mengirim pesan dan menerima, mendengarkan lagu bahkan podcast. Namun, yang membedakan, kalian tidak perlu menyentuh handphone kalian. Hanya tinggal menghidupkan Bluetooth connection dan menyambungkannya ke perangkat CarPlay di mobil kalian.

 

fitur CarPlay (sumber: Apple)

 

CarPlay dapat diakses menggunakan bantuan Siri. Jadi, kalian tinggal mengucapkan apa yang kalian ingin lakukan, misal “Play Bruno Mars’s Song”, just easy like that, PiBi!

Fitur CarPlay dapat digunakan pada iPhone yang di support iOS 7.1 atau OS yang paling baru. Kemudian untuk jenis mobil, masih sangat minim dan relatif, mobil apa saja yang dapat menggunakan fitur ini. Pada tahun 2017, BMW 5 series telah menjadi mobil pertama, yang telah mendukung fitur Apple CarPlay.

 

iOS 7.1 support apple carplay (sumber: iPhone Hacks)

 

Buat kalian yang belum punya BMW 5 series, jangan sedih, karena produk car entertainment seperti Pioneer, Kenwood, Alpine, dan Sony telah menjual perangkat yang support dengan Apple CarPlay. Happy trying, PiBi!

(AKR)

Baca Juga:

Lupakan iPhone 7, Saatnya Beralih ke iPhone 8

Konsep iPhone 8 dari Veniamin Geskin, Keren Abis!

Google Allo, Messenger Baru yang Lebih Pintar dan Kreatif

Honda HR-V Prestige Mugen, Mobil Sporty Berkelas

BMW Vision Next 100, Motor Pintar Terbaru yang Anti Tabrakan

Paling Baru's picture
Last seen: 13 hours 38 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18