Opening Festival Wayang Asean 2016 Menyajikan Cerita Ramayana Versi Asean

Opening Festival Wayang Asean

Seperti yang sudah kita kabarkan kemarin, Asosiasi Wayang ASEAN (AWA) atau ASEAN Puppetry Association (APA) menyelenggarakan Festival Wayang Asean 2016 di Kota Mojokerto Jawa Timur dari tanggal 30 November hingga 6 Desember 2016. 

Tetapi, sesuai dengan jadwal, kemarin (2/12/2016) Festival Wayang Asean 2016 baru saja resmi di buka oleh Wakil Bupati Mojokerto, Bapak Pungkasiadi dengan memukul gong. 

 

Pembukaan Festival Wayang Asean 2016

 

Sebelumnya, Mr. Danny Liwanang selaku Presidium Chairman of APA yang berasal dari Filipina mengatakan, "Kami sangat senang bertemu dengan orang Mojokerto. Ternyata orang Mojokerto itu ramah-ramah, tidak ada bedanya dengan orang di negara kami. Jadi, kami tidak merasa pergi ke Mojokerto, tetapi pulang ke rumah".

 

Mr. Danny Liwanang Selaku Presidium Chairman of APA yang Berasal dari Filipina Memberi Sambutan

 

Hal itu juga didukung oleh Wakil Bupati Mojokerto, Bapak Pungkasiadi yang mengatakan,"Sebenarnya kan kita dulu, Asean ini adalah satu wilayah Kerajaan Mojopahit yang disebut wilayah nusantara melalui Sumpah Palapa Patih Gajah Mada". 

 

Wakil Bupati Mojokerto Bapak Pungkasiadi Memberi Sambutan 

 

Setelah resmi dibuka, ada pertunjukan kolaborasi paling baru yang menarik saat opening, yaitu cerita wayang Ramayana yang melibatkan wayang-wayang dari 10 negara Asean.

 

Rama dan Shinta 

 

Singkatnya, pertunjukan tersebut menceritakan tentang Shinta yang memiliki kesaktian berusaha direbut dari Rama oleh tokoh jahat (Rahwana) yang diperankan oleh wayang thailand. Rahwana bisa menculik Shinta dengan cara menyamar jadi orang tua yang menebar belas kasih.

Rahwana Menyamar Menjadi Orang Tua

Rahwana Merebut Shinta

 

Namun, Rama tidak hanya diam saja, beliau dibantu oleh Hanoman (diperankan oleh wayang Cambodja) untuk merebut kembali Shinta. Akhir cerita, Hanoman yang juga terkenal sakti berhasil menyelamatkan Shinta dan mengembalikannya ke pelukan Rama.

 

Hanoman Diperankan Oleh Wayang Cambodja

 

Rama Minta Tolong Kepada Hanoman

 

Hanoman Melawan Rahwana

 

Hanoman Berhasil Menyelamatkan Shinta

 

Rama dan Shinta Kembali Berpelukan

 

Saat adegan Hanoman melawan Rahwana di bawah ini, semua penonton terlihat sangat antusias dengan bersorak-sorak mendukung Hanoman supaya menang.

 

 

Nah, buat kamu yang ingin menonton lebih lanjut tentang keseruan Festival Wayang Asean ini kamu bisa datang pada tanggal 3 Desember 2016 ke Pendopo Agung Trowulan Mojokerto pukul 19.00-22.00, dan pada tanggal 4 Desember 2016 di Gedung Astoria Jl Empunala pukul 19.000-22.00. Disana akan ada pertunjukan pertunjukan wayang yang lebih seru lagi. 

 

 

Sampai bertemu disana!

(FM/ST)

Baca Juga:

Yuk Lestarikan Wayang Dengan Ikut Berpartisipasi Dalam Festival Wayang Asean 2016

Harbolnas 2016, Hari Para eCommerce Kasih Diskon Gede!

Zalora Akan Kasih Diskon Fantastis Hingga 80% di Harbolnas 2016

Event Seru Malam Ini: Move with Matthew Koma

Menjelajahi Coffee Jawa Timur di Koperasi dan UMKM EXPO 2016!

Tags: 
Paling Baru's picture
Last seen: 30 min 50 sec ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18