Inspiratif! Gedung Sekolahan Harusnya Seperti Ini

Buat kamu yang tinggal di kota, ada sebuah fenomena menarik yang terjadi saat ini. Pernahkah kamu mengalami peristiwa mainstream satu ini, dimana kamu merasakan adanya perbedaan pada gedung sekolahmu saat kamu bersekolah dan saat kamu sudah menjadi alumni? Ya, sudah menjadi sebuah hal yang biasa jika sekolahanmu saat ini jauh lebih “indah dipandang” dibanding saat kamu masih bersekolah.

Tapi, bukan itu akan kita bahas kali ini.

Tahukah kamu bagaimana kondisi gedung sekolah di Tanah Air saat ini? Seperti dilansir Kompas beberapa waktu lalu, ada sekitar 45 ribu gedung sekolah di Indonesia dengan kualitas sangat rendah atau mengalami kerusakan. Bahkan dibeberapa daerah, seperti contohnya di NTT, sangat banyak gedung sekolah yang rusak dan lantainya masih berupa tanah. Dan, rencananya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan pada 2017 sekolah-sekolah tersebut dapat diperbaiki.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa masih banyak kondisi gedung sekolah di negara ini yang masih belum memenuhi standar kelayakan sebagai tempat menuntut ilmu. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita mencari inspirasi ke beberapa negara yang sudah terlebih dulu memperhatikan kelayakan gedung sekolah untuk menunjang proses menutut ilmu bibit-bibit penerus.

Ini ada beberapa gedung sekolahan di berbagai negara yang bisa dijadikan inspirasi untuk memperbaiki kualitas gedung sekolahan di negeri ini.

 

Gedung Sekolahan Kita Harusnya Seperti Ini

 

The Learning Hub (Singapura)

The Learning Hub, Singapura (sumber: Heatherwick)

 

Sekolahan ini terdiri dari 12 menara dengan masing-masing menara terdiri dari 8 lantai. Gedung ini dibangun di area pusat kota dengan bentuk bangunan yang “melengkung” dan terbuat dari panel beton bertekstur yang secara visual sangat memanjakan mata.

 

Nanyang Primary School

Nanyang Primary School, Singapura (sumber: Theartistandhismodel)

 

Lagi-lagi di Singapura. Sekolahan ini merupakan salah satu sekolah TK (taman kanak-kanak) terindah di dunia. Eksterior dan warna cat pada bangunan di desain colorful dan eye chatching. Sangat cocok dengan suasana di sekolahan yang ceria dan aktif.

 

Clover House, Okazaki, Jepang

Clover House, Okazaki, Jepang (sumber: Archdaily)

 

Masih gedung sekolah taman kanak-kanak. Sekolahan bernama Clover House ini terletak di Okazaki, Jepang dan merupakan karya pertama dari MAD Architecture, perusahaan arsitektur terkemuka asal Negeri Tirai Bambu yang berkantor di Los Angeles dan New York City (NYC).  Sekolah dengan nuansa rumah ini memang di desain untuk memberikan kenyamanan  pada anak-anak agar merasa seperti di rumah mereka sendiri.

 

Qatar Faculty of Islamic Studies, Doha, Qatar

Qatar Faculty of Islamic Studies (sumber: cityscapeqatar)

 

QFIS (Qatar Faculty of Islamic Studies) adalah sebuah sekolah pendidikan Islam yang didirikan untuk memfasilitasi para akademisi untuk menambah ilmu serta wawasan tentang kekayaan dan keragaman warisan Islam. Bangunan ini memiliki luas 28.000 m 2 dengan fasilitas tempat ibadah yang menampung lebih dari 1.800 orang. Sungguh bangunan sekolah yang sangat menajubkan!

Selain bangunan sekolah di atas, masih banyak sekolahan-sekolahan lain yang bisa dijadikan inspirasi, sebut saja Kennedy Child Study Center di New York, Fayetteville High School di Arkansas, Solana Ranch Elementary School di San Diego, California dan masih banyak yang lainnya. Maju terus pendidikan di Indonesia!

(ST)

Baca Juga:

Dekorasi Kamar Mandi Kontemporer Dengan Sentuhan Koleksi Paletta

Jangan Ngaku Desainer Tanah Air Kalau Belum Ikutan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2016

5 Kolam Renang Paling Keren di Dunia yang Harus Kamu Kunjungi Sebelum Mati

Keistimewaan Nihiwatu Sumba Sebagai Hotel Terbaik Di Dunia

Kafe Toppels: Kafe Dengan Desain Interior Unik. Terbalik!

Paling Baru's picture
Last seen: 6 hours 46 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18