Yuk Lestarikan Wayang Dengan Ikut Berpartisipasi Dalam Festival Wayang Asean 2016

Indonesia memiliki banyak warisan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia yang tak ternilai harganya, salah satunya adalah wayang. UNESCO menetapkan seni pertunjukan yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali ini sebagai warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

 

 

Sebenarnya, pertunjukan boneka tak hanya ada di Indonesia saja, banyak negara lain yang juga memiliki pertunjukan boneka. Namun pertunjukan wayang di Indonesia memiliki gaya tutur dan keunikan tersendiri, yang merupakan mahakarya asli dari Indonesia. Jadi, sudah seharusnya kita melestarikan wayang, karena merupakan suatu kewajiban buat kita generasi penerus untuk peduli dengan kebudayaan yang membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan warisan seni dan budaya ini.

 

 

Nah, salah satu upaya untuk melestarikan budaya wayang Indonesia adalah dengan mengadakan event atau festival untuk mengenalkan atau mengingatkan tentang budaya wayang ke masyarakat. Untuk itu, Asosiasi Wayang ASEAN (AWA) atau ASEAN Puppetry Association (APA) akan menyelenggarakan Festival Wayang ASEAN, Sidang Ke-7 AWA/APA sekaligus perayaan hari ulang tahun Ke-10 Asosiasi Wayang ASEAN (AWA) di kota Mojokerto Jawa Timur, 30 November – 6 Desember 2016 mendatang.

 

 

Acara ini bertemakan “The 7th Meeting Of APA, It’s 10TH Anniversary And ASEAN Puppetry Festival Mojokerto 2016”. Dan untuk Festival Wayang ini sendiri diselenggarakan untuk umum dan tidak dipungut biaya untuk tiket masuknya alias free entry. Jadi, buat kalian yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang wayang, kamu bisa datang ke Festival Wayang ASEAN 2016, karena di sini akan ada pertunjukan-pertunjukan wayang dari berbagai negara di Asean dan juga seminar yang berkaitan perwayangan. Festival Wayang Asean 2016 berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 3-4 Desember 2016.

 

 

Seperti dilansir Tribun, Suparmin Sunjoyo selaku sekjen AWA/APA mengungkapkan, bahwa dalam festival ini akan digelar seminar internasional terkait perkembangan wayang. Selain itu juga ada beberapa pertunjukan kolaborasi dari artis-artis wayang ASEAN (APA-Puppetry Joint Performance).

Perhelatan Festival Wayang ASEAN, sekaligus Sidang Ke-7 AWA/APA ini diikuti 10 wakil-wakil organisasi pewayangan dari negara anggota ASEAN, negara-negara tersebut antara lain Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philipina, Singapore, Thailand dan Vietnam. Jadi, jangan heran kalau nanti kamu bakal disuguhkan pertunjukan wayang dari berbagai negara di Asean yang belum pernah kamu saksikan sebelumnya. Seperti contohnya Wayang Air dari Vietnam, Black Theatre dari Philipina, Wayang Tali dari Myanmar, dan tentunya beberapa jenis pertunjukan Wayang Indonesia.

Ayo kita bersama-sama melestarikan budaya wayang dengan ikut berpartisipasi dalam Festival Wayang Asean 2016! Maju terus kebudayaan Indonesia!

(ST)

Baca Juga:

Teamwork Meraih Penghargaan Konsep Kreatif "Best of Print" Pinasthika

Yuk Belajar Shibori di "Making Shibori 2016" Bersama ASEM Creative

Harbolnas 2016, Hari Para eCommerce Kasih Diskon Gede!

Setelah Malang, Dewa 19 ft Ari Lasso & Once Mekel Akan Hadir di Bekasi!

Serunya Ngetes Keramahan SPG GIIAS Surabaya Auto Show 2016

Tags: 
Paling Baru's picture
Last seen: 6 hours 42 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18