Ingin Menjadi Seorang Seniman Digital? Ini Cara Melukis Menggunakan Aplikasi Procreate

Di era yang serba digital saat ini, kreativitas pun sudah tidak mengenal batas ruang. Beragam media pun sudah bisa dijadikan “kanvas” untuk menciptakan sebuah karya seni yang bernilai. Begitu juga dengan perangkat tablet seperti iPad. Berbagai jenis aplikasi pun dikembangkan untuk menunjang kreativitas para seniman ataupun illustrator. Namun ada satu aplikasi yang diklaim sebagai aplikasi terbaik untuk melukis ataupun menggambar di iPad. Apalagi kalau bukan Procreate.

Mungkin untuk kamu yang berprofesi sebagai seorang illustrator, aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi. Bahkan sudah menjadi aplikasi default di iPad kamu. Ya, Procreate merupakan aplikasi untuk menggambar yang dilengkapi dengan 45 jenis kuas virtual. Kamu bisa memilih jenis-jenis brush tergantung dari fungsinya, mulai dari untuk membuat sketsa, melukis, hingga membuat karya abstrak yang bahkan tidak dapat kamu temukan di dunia nyata. Dengan kata lain, kamu bisa menggambar secara professional hanya dengan menggunakan satu jari saja.

Lebih hebatnya lagi, disaat beberapa aplikasi sketsa atau ilustrasi pada umumnya hanya membatasi hingga 256 warna saja, Procreate menawarkan penggunaan warna hingga 65.000 warna! Dan dengan semua kelebihan yang dimiliki, sejauh ini Procrate telah mendapat rating dengan lima bintang di iTunes. Jadi, bagaimana? Masih belum percaya kalau Procreate merupakan aplikasi terbaik untuk melukis dan menggambar?

Buat kamu yang belum menginstal aplikasi keren ini di iPad mu. Kamu bisa langsung klik linknya di sini dan ikuti ketentuannya lebih lanjut. Nah, kalau kamu sudah menginstal aplikasi Procreate ini, tim Palingbaru akan memberikan tutorial untuk menjadi seorang seniman digital dengan menggunakan aplikasi ini. Langsung saja simak cara-caranya di bawah ini.

Menggambar menggunakan media iPad, sebenarnya sama dengan menggambar dengan menggunakan media pada umumnya, seperti kertas maupun kanvas. Untuk itu, kemampuan menggambar tentu sangatlah menentukan hasil karya seni yang akan kamu buat. Dengan kata lain, jika kamu ingin membuat suatu karya yang keren menggunakan aplikasi yang satu ini kamu harus berlatih menggambar terlebih dahulu. Karena pada dasarnya, melukis merupakan suatu kegiatan yang fleksibel.

Sebenarnya prinsip dasar untuk menggambar itu mudah dipelajari, asalkan sering dan tekun berlatih. Dan jika kamu ingin menjadi seniman digital dengan membuat karya menggunakan media tablet seperti iPad, kamu hanya harus membiasakan diri menggambar menggunakan media tersebut. Bila kamu sudah terbiasa, kamu akan dengan mudah menciptakan karya spektakuler hanya dengan iPad yang kamu miliki.

Dibawah ini ada contoh-contoh karya yang dibuat menggunakan aplikasi Procreate

Karya Jana Schrimer Menggunakan Aplikasi Procreate iPad Pro dan Apple Pencil

Karya Jana Schrimer menggunakan aplikasi Procreate iPad Pro dan Apple Pencil (sumber: Twitter)

Karya Stuart Harrington

Karya Stuart Harrington (sumber: Twitter)

Karya Yang Dihasilkan Dalam Waktu Singkat Menggunakan Aplikasi Procreate

Karya yang dihasilkan dalam waktu singkat oleh Nor menggunakan aplikasi Procreate (sumber: Twitter)

Dan Masih Banyak Karya Keren Lainnya

Dan masih banyak karya keren lain yang dihasilkan menggunakan aplikasi ini (sumber: Twitter)

(ST)

Baca Juga:

Cara Menggambar Menggunakan Pena 3Doodler, Pena Tiga Dimensi Pertama di Dunia.

Jangan Ngaku Desainer Tanah Air Kalau Belum Ikutan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2016

Unik Praktis dan Kreatif. Inilah Desain Kemasan Restoran Yang Paling Inspiratif

Menciptakan Karya Seni Menggunakan Aplikasi Dari Prisma Labs

Karlbox: Pensil Warna dengan Harga Hampir 40 Juta Rupiah

Paling Baru's picture
Last seen: 1 day 23 hours ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18