Nanopatch: Ucapkan Selamat Tinggal Pada Jarum Suntik

Kamu takut dengan jarum suntik? Haha.. Ngga usah malu. Wajar kalau kamu takut sama barang satu ini. Meskipun kecil, banyak yang takut dengan alat medis yang mulai dipakai sejak tahun 1850 ini. Perangkat yang umum digunakan untuk menginjeksi obat secara langsung ke dalam tubuh melalui kulit ini memang menjadi salah satu “senjata” para tenaga medis untuk melawan penyakit yang menyerang tubuh. Namun, rasa sakit yang ditimbulkan akibat suntikan tersebut membuat sebagian orang menjadi takut atau bahkan menjadi phobia terhadap jarum suntik.

 

 

Seperti dilansir Nationalgeographic, seorang insinyur biomedis bernama Mark Kendall membuat sebuah inovasi berupa perangkat medis alternatif yang fungsinya sama seperti jarum suntik, namun tidak sampai "menyakiti", namanya Nanopatch. Perangkat ini berupa chip yang bentuknya hampir sama seperti perangko, namun dengan ukuran yang lebih kecil.

 

 

Dengan perangkat ini, sudah dipastikan kamu akan jauh-jauh dari jarum suntik. Nanopatch bekerja dengan cara menempel pada kulit dengan perangkat semacam pegas, mendorong obat ke dalam beberapa sel di bawah kulit, cukup hanya menempel di kulit dan tidak sampai menembus kulit. “Dengan demikian, tanggapan imun akan lebih efektif dibanding jarum suntik, yang memasukkan obat melalui otot,” kata Kendall seperti dikutip Nationalgeographic

Kendall juga menambahkan bahwa perangkat ciptaannya ini jauh lebih aman dari pada jarum suntik. Selain melukai pasien, luka akibat jarum suntik dapat menjadi celah penyebaran penyakit bagi para petugas medis.

 

 

Nanopatch memang sudah dirancang sejak tahun 2004, akan tetapi temuan ini memang masih belum bisa diproduksi secara komersil karena butuh setidaknya satu dekade untuk mempersiapkan teknologi yang akan memberikan kemudahan bagi umat manusia ini, terutama bagi para phobia jarum suntik. “Prospek membuat sesuatu yang bisa membuat perbedaan bagi jutaan orang merupakaan perasaan indah, tak ada hal lain yang lebih ingin saya lakukan. Tetapi saya tidak akan puas hingga teknologi ini keluar lab dan meluncur ke tempat-tempat yang membutuhkan,” tambah Kendall

(ST)

Baca Juga:

Smart Swab, Inovasi Pembersih Telinga yang Lebih Aman

Infused Water: Minuman Sehat Yang Bisa Mengontrol Berat Badan

YO Sperm Test, Alat Tes Kesehatan Sperma Melalui Smartphone

OraQuick, Alat Tes HIV/AIDS yang Bisa Digunakan Sendiri di Rumah

Breathometer Mint, Alat Pintar Pendeteksi Kesehatan Mulut

Tags: 
Paling Baru's picture
Last seen: 6 hours 41 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18