Kirigami: Membuat Pajangan Dinding Dengan Seni Gunting Lipat Tiga Dimensi

Ada lagi referensi paling baru buat kamu yang ingin menghias ruangan atau dinding ruangan kamu dengan pajangan handmade atau buatan sendiri yang anti mainstream. Jika sebelumnya tim Palingbaru memberikan referensi berupa hand lettering, kali ini ada yang namanya kirigami. Ada yang sudah tahu apa itu kirigami?

 

Kirigami karya SouMa (sumber: Souma-wkh)

 

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang seni melipat kertas dari Jepang, origami. Lalu apa hubungannya origami dengan kirigami? Hanya sekedar info, guys, kirigami merupakan salah satu variasi dari seni origami, jika origami hanya sekedar melipat kertas hingga menghasilkan sebuah karya, kirigami tidak hanya sekedar melipat, akan tetapi juga memotong kertas, di situ perbedaan antara origami dengan kirigami. Karya kirigami sebenarnya sudah banyak di luar sana, namun masih banyak yang menyamakan antara kirigami dengan origami. Jadi, meskipun sama-sama berasal dari Jepang, tetap ada perbedaan antara origami dengan kirigami.

 

Kirigami karya SouMa (sumber: Souma-wkh)

 

Selain memotong kertas, dalam seni kirigami juga melibatkan lem dan selotip. Hal-hal tersebut tidak ada dalam seni origami. Kirigami lebih identik dengan seni pop-up, namun perbedaannya ada pada jumlah kertas yg digunakan. Kirigami hanya menggunakan selembar kertas dalam membuat karya dua maupun tiga dimensi, sedangkan seni pop-up menggunakan lebih dari selembar kertas.

 

Kirigami karya SouMa (sumber: Souma-wkh)

 

Di Jepang ada seorang seniman kirigami yang terkenal dan hangat dibicarakan beberapa tahun belakangan. Menggunakan nama samaran SouMa, seniman asal negeri matahari terbit tersebut dikenal ahli dalam membuat kirigami, bahkan karyanya sudah dikenal hingga ke seluruh dunia. SouMa mambu membuat karya seni kirigami dengan detail yang menajubkan.

 

Kirigami karya SouMa (sumber: Souma-wkh)

 

Untuk membuat hasil karya seperti seperti yang dihasilkan SouMa, tentu membutuhkan keahlian serta kesabaran yang lebih. Butuh waktu untuk berlatih dan mendalami seni yang hanya menggunakan secarik kertas ini. Untuk pemula sebaiknya membuat desain kirigami yang lebih sederhana seperti video tutorial di bawah ini.

 

 

Atau kamu bisa melatih kesabaran dengan membuat karya kirigami berdasarkan objek nyata seperti di bawah ini.

 

 

Selamat mencoba!

(ST)

Baca Juga:

Mendesain Dinding Ruangan Menggunakan Teknik Brush Lettering

Dekorasi Kamar Mandi Kontemporer Dengan Sentuhan Koleksi Paletta

Ingin Menjadi Seorang Seniman Digital? Ini Cara Melukis Menggunakan Aplikasi Procreate

6 Seni Pahatan Unik dan Keren Yang Bikin Kamu Tercengang

Yuk Intip 5 Dekorasi Cantik Meja Makan Untuk Berbagai Kebutuhan Acaramu!

admin's picture
Last seen: 1 hour 17 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18

Tuliskan pendapatmu tentang artikel diatas