Ini Tempat Terbaik Untuk Sandboarding. Di Indonesia Juga Ada, Lho

Sandboarding atau olahraga berselancar di pasir merupakan olahraga yang populer di berbagai kalangan. Umumnya, olahraga ini merupakan “cara lain” berselancar bagi yang bosan surfing di pantai. Di sisi lain, banyak juga yang tertarik dengan olahraga ini lantaran takut tenggelam, alias takut melakukannya di air.

Sandboarding sebenarnya hampir sama dengan snowboarding, yang membedakan hanya medannya saja. Sesuai dengan namanya, sandboarding dilakukan di padang pasir, sedangkan snowboarding dilakukan di tempat bersalju, umumnya di daerah pegunungan dengan iklim subtropis. Namun salah satu keistimewaan sandboarding adalah kamu ga perlu ribet menggunakan banyak peralatan khusus untuk “beraksi”, cukup papan luncur dan mungkin kacamata untuk melindungi mata dari pasir dan helm sebagai pelindung kepala.

 

 

Akan tetapi, banyak yang beranggapan bahwa olahraga ini tidak memiliki manfaat apapun. Are you sure? Meski terlihat gitu-gitu aja, jangan remehkan olahraga yang satu ini. Pada saat meluncur, kamu akan melatih keseimbangan kamu dan meski tidak terlalu keras, otot kakimu akan “beraksi” dan mempertahankan tumpuanmu pada papan seluncur. Itu hanya pada saat kamu meluncur saja, bayangkan saat kamu menanjak ke arena yang lebih tinggi sebelum meluncur. Saat kamu berjalan menanjak, otot kakimu akan bekerja lebih keras lagi, kalorimu akan terbakar dan keringat pun bakal bercucuran. Jadi, siapa yang bilang olahraga ini tidak ada manfaatnya?

 

Berikut ini akan kami sajikan info mengenai tempat-tempat melakukan olahraga sandboarding yang harus kamu kunjungi.

 

Tempat Terbaik Bermain Sandboard Di Dunia

 

Uni Emirat Arab

Gurun Namib (sumber: Wikipedia)

 

Cari padang pasir? Ya di negara ini tempatnya. Uni Emirat Arab merupakan salah satu negara yang memiliki padang pasir terluas di dunia. Ketinggian bukit pasir di negara ini mencapai lebih dari 20 meter. Di kota Namibia, ada gurun bernama Gurun Namib yang merupakan salah satu gurun pasir paling keren di dunia. Hampir sepanjang tahun kawasan ini tidak pernah sepi dari para atlet sandboarding yang datang dari penjuru dunia.

 

Mesir

Gurun Sahara (sumber: Isains)

 

Konon, pada masa lalu, Raja Firaun menggunakan papan sandboard untuk menuruni lereng gunung pasir yang curam di Mesir. Memang belum ada bukti secara ilmiah dari cerita di atas, namun tidak bisa dipungkiri bahwa kenyataannya memang sandboarding merupakan olahraga yang berasal dari Mesir. Gurun di Mesir memiliki “ombak” yang tak terlalu tajam, sehingga cukup mengasyikan bagi pemula.

 

Jepang

Gurun Pasir Tattori (sumber: commons.wikimedia)

 

Negara ini mempunyai spot yang sangat bagus untuk sandboarding. Padang pasir di sana letaknya bersebelahan dengan laut. Gurun pasir tersebut bernama gurun pasir Tattori dan merupakan gurun pasir terbesar di sana. Akan tetapi, sayangnya di Jepang olahraga ini belum cukup populer, sehingga belum banyak peminatnya.

 

Indonesia

Gumuk Pasir Parangkusumo (sumber: Rodadanroti)

 

Jangan remehkan Indonesia. Negeri ini juga memiliki  spot sandboarding yang tak kalah seru dengan negara lain. Lokasinya ada di Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta. Gurun ini merupakan gurun pasir terbesar di Indonesia, letaknya berdekatan dengan pantai yang terkenal di Jogja, yaitu pantai Parangtritis dan pantai Depok. Menurut informasi yang kami dapat, aktivitas snowboarding di sini berkisar Rp 200 ribu per orang dengan durasi 2 jam permainan. Murah, bukan? Jadi buruan, buat kalian yang ingin mencoba olahraga yang satu ini, tidak perlu jauh-jauh keluar negeri, karena di Indonesia semuanya ada!

(ST)

Baca Juga:

Berani Coba? Varian Baru Paling Ekstrim Olahraga Skydiving

Kamu Suka Olahraga Ekstrim? Berarti Kamu Wajib Mencoba Rope Swing!

Kamu Siap Berlari? Ayo Gabung Nike+ Run Club Jakarta

Mi Sport Bluetooth Headset: Earphone Khusus Olahraga

Moov, Gelang Pintar Pengganti Pelatih Fitnessmu

admin's picture
Last seen: 3 min 49 sec ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18

Tuliskan pendapatmu tentang artikel diatas