Mau Tetap Bugar Meskipun Sibuk Kerja? Ini Tips Melakukan Acroyoga Di Sela-Sela Kesibukan Kantor

Buat kamu yang lagi kejar setoran, alias kerja “mati-matian” ngumpulin modal nikah atau bahagiain orang tua (note: mumpung masih muda), kamu pasti giat-giatnya kerja sampai kadang lupa menjaga kebugaran tubuh. Tidak sedikit yang mengalami “pembengkakan” bentuk tubuh saat mulai sibuk bekerja. Bagaimana? Kangen sama bentuk tubuh pas jaman kuliah?

Sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak menjaga kebugaran tubuh sesibuk apapun kerjaanmu. Apalagi sudah banyak teknologi-teknologi canggih berupa aplikasi, gadget bahkan robot yang siap membantu menjaga kesehatan jasmani. Dengan kata lain, semuanya kembali pada niat masing-masing orang, seberapa peduli dengan kesehatan tubuh.

Kali ini, tim Palingbaru memberikan sedikit tips untuk menjaga kebugaran tubuh kamu yang super sibuk mengejar setoran, sampai tidak sempat meluangkan waktu untuk berolahraga di luar kantor.

 

Acroyoga

Acroyoga merupakan salah satu “cabang” yoga yang populer di kalangan para public figure saat ini. Acroyoga sendiri (menurut Wikipedia) adalah latihan fisik yang menggabungkan yoga dan acrobat. Istilah ini muncul sejak tahun 1999, adalah sebuah sekolah di California yang dipimpin oleh Jessie Goldberg dan Eugene Poku yang menjadi pelopor olahraga yang banyak diminati kaum hawa ini.

 

 

Jadi singkatnya, Acroyoga ini merupakan cabang olahraga yoga yang menggabungkan gerakan yoga dengan seni acrobat.

 

Tips Melakukan Acroyoga Di Sela-Sela Kesibukan Kantor

Kalau kamu mau mencoba olahraga Acroyoga ini tapi ngga ada waktu alias selalu sibuk bekerja, kami tim Palingbaru memberikan tips sederhana agar kamu bisa merealisasikan hobi barumu ini meski dalam keadaan super sibuk. Jadi, kamu tetap bisa sehat walau sesibuk apapun aktifitasmu. Berikut ini tips melakukan acroyoga di sela-sela kesibukan kantor.

 

 

Belajar Terlebih Dahulu

Meskipun gerakannya terlihat susah, kalau dipelajari sungguh-sungguh, olahraga ini tidak sesulit kelihatannya, kok. Tapi inget ya, kemampuan masing-masing orang tentu berbeda. Jika kamu ingin mempelajari olahraga ini, yang terpenting kamu harus tekun berlatih. Acroyoga ini membutuhkan kekuatan, fleksibilitas dan teknik fisik yang terlatih. Kamu bisa belajar dengan membaca tutorial atau melihat video panduan Acroyoga.

 

 

Cari Teman

Dalam Acroyoga ini, harus ada minimal tiga orang yang berperan, yaitu base, flyer dan spotter. Base merupakan orang yang lebih sering menjadi tumpuan di atas tanah. Kalau kamu sudah melihat video tutorial di atas, nah yang biasanya di bawah itu yang disebut base. Orang yang berperan sebagai base diharapkan memiliki kemampuan fisik yang kuat dan prima. Yang kedua flyer, orang yang selalu berada di atas atau selalu diangkat oleh base. Diharapkan seorang flyer memiliki fleksibilitas serta pergerakan tubuh yang dinamis, karena flyer yang harus berpindah-pindah ke berbagai posisi.

 

 

Dan yang terakhir ini tidak kalah penting. Spotter. Orang yang berperan sebagai spotter diharapkan orang yang professional, karena spotter lah yang memiliki pandangan objektif. Singkatnya, flyer yang memantau jika terjadi slip dan juga merekomendasikan ke base dan juga flyer untuk meningkatkan bentuk dan posisi Yoga.

 

Ruangan Luas

Olahraga ini membutuhkan ruangan yang luas. Jadi sebelum berolahraga, persiapkan dahulu ruangan yang luas dengan sirkulasi udara yang lancar. Jika tidak ada ruangan yang luas, kamu bisa sementara memindahkan atau menggeser perabotan dalam ruangan kantormu sampai tersedia space yang cukup untuk melakukan senam Acroyoga.

 

 

Pakaian Olahraga

Kalau kamu sudah melihat bagaimana gerakan-gerakan Acroyoga ini, bisa kamu bayangkan kalau kamu melakukan dengan memakai pakaian kerja? Jadi, jangan sampai kamu lupa membawa pakaian olahraga dari rumah, karena dengan pakaian olahraga, kamu bisa lebih leluasa dalam bergerak dan tidak perlu kuatir jika berkeringat.

 

Pengingat Waktu Olahraga (Alarm)

Namanya juga pada jam kantor, kamu pasti sering lupa sama yang namanya waktu. Makan saja terkadang bisa kelupaan, apalagi olahraga. Jadi, kamu memerlukan yang namanya pengingat. Kamu bisa pakai si Moti, robot lucu yang bisa menjaga kesehatanmu dengan mengingatkanmu waktu untuk berolahraga. MOTI merupakan robot canggih yang bisa mengontrol aktivitas yang kamu lakukan. Dia akan memberikan warna hijau ketika dia menganggap aktivitasmu meningkat dan akan memberikan warna merah ketika dia menilai aktivitasmu menurun atau tidak sesuai dengan target. Kalau masih belum jelas kamu bisa baca artikel lengkap tentang robot lucu ini di sini.

 

 

Persetujuan Pihak Manajemen Kantor

Sebelum kamu mempersiapkan semua step-step di atas, kamu harus memperhatikan hal ini terlebih dahulu. Bisa dibilang poin ini yang paling penting. Karena kamu melakukan kegiatan ini di kantor, bersama teman kantor dan pada jam kantor, jadi kamu harus memperoleh persetujuan dari manajemen kantor tempat kamu bekerja terlebih dahulu. Kamu tentu ngga ingin kan kalau kegiatan ini mengganggu karirmu. Jadi alangkah baiknya kamu berdiskusi dulu dengan pihak manajemen, siapa tahu kamu bisa mengajak karyawan seisi kantor dan bisa menjadi rutinitas dalam kantormu

Selamat mencoba…

(ST)

Baca Juga:

MOTI, Robot Lucu yang Menjaga Kesehatanmu

Cermin Pintar, Naked 3D Fitness Tracker

Google DeepMind, Mesin Kecerdasan Paling Baru untuk Deteksi Kanker

Samsung’s Welt: Sabuk Pintar Yang Bisa Mengontrol Berat Badanmu

Yu Ahn Jewellery, Gelang dan Kalung Untuk Melawan Virus Zika!

Tags: 
Paling Baru's picture
Last seen: 1 hour 28 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18