Yuk Belajar Shibori di "Making Shibori 2016" Bersama ASEM Creative

Yuk Belajar Shibori di "Making Shibori 2016" Bersama ASEM Creative

Tertarik dengan gaya fashion Jepang?

Wajar, memang  gaya fashion Jepang saat ini sedang digemari banyak orang di berbagai negara. Misalnya saja di negara kita, Indonesia. Masyarakat Indonesia lebih menyukai gaya fashion yang punya nilai seni tinggi, unik, kreatif, dan mengandung unsur yang kental dengan budaya.

Kebetulan saja rata-rata gaya fashion Jepang memiliki 4 unsur tersebut. Oleh karenanya, gaya fashion Jepang di Indonesia dapat berkembang pesat dan menjadi tren tersendiri di kalangan generasi muda.

Salah satu gaya fashion yang memiliki nilai seni tinggi dari Jepang yang sedang hits di Indonesia adalah seni fashion Shibori. Bagi yang belum mengerti, Shibori adalah teknik pewarnaan kain menggunakan bahan alami daun indigo. 

 

Karya Shibori @bybinzu

 

Namun berbeda dari teknik perwarnaan kain pada umumnya. Biasanya orang membuat motif hiasan kain dengan cara digambar atau dilukis menggunakan kuas atau canting. Sedangkan Shibori dengan cara diikat menggunakan tali.

Oleh karena itu, orang sering menyebut bahwa kesenian Shibori selalu melibatkan 4 teknik, yaitu mengikat, melipat, memutar, dan menekan. Keempat teknik ini dikenal dengan istilah "Indigo Dying".

 

Karya Shibori @bybinzu

Nah, buat kamu yang tertarik untuk menguasai teknik hias kain kesenian Shibori yang lagi hits ini, kamu bisa mengikuti Workshop yang diselenggarakan oleh pihak ASEM (singkatan dari Ayo Semangat Indonesia) Creative.

Adalah Making Shibori 2016, workshop yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 November 2016 pukul 11.00 WIB dan akan berlangsung selama kurang lebih 3 jam di Kedai C1 No 1 Jl. Cisanggiri 1 No. 1- Pasar Santa, Jakarta Selatan.

Event ini nantinya akan dibuka pertama kali oleh perwakilan dari ASEM (singkatan dari Ayo Semangat Indonesia) Creative Network selaku penyelenggara acara yang juga penggerak roda ekonomi dalam mengeksplor bakat-bakat kreatif yang ada di Indonesia.

Selain itu, pada event ini kamu akan diajarkan oleh pengajar handal yang menguasai semua hal yang ada pada kesenian Shibori. Adalah Bintang Aziizu, sang pengajar yang siap untuk memberikan ilmu praktek langsung mengenai 3 teknik khusus Shibori yang meliputi teknik Itajime, Kumo hingga teknik Chikuwa yang dipraktekkan di selembar kain. Sebagai tambahan informasi, Bintang Aziizu ini adalah owner dari @bybinzu.

 

 

Sedangkan keuntungan lain yang kamu dapatkan ketika mengikuti acara ini, kamu juga akan diajarkan dalam pemberian 2 jenis pewarna yang bisa kamu gunakan, yaitu,  alami dan sintetis. Akan tetapi, pada workshop kali ini sang ahli, lebih menggunakan teknik dengan pewarnaan sintetis,karena lebih cepat hasilnya dibandingkan dengan pewarna alami.

Oh ya, Making Shibori Ini merupakan salah satu event workshop art & craft ke 14 kali yang diadakan oleh pihak ASEM di tahun 2016 ini lho! Pihak ASEM juga sering mengadakan event yang selalu menarik dengan tema yang bermacam-macam, biasanya event ini berlangsung 2 kali dalam sebulan.

Mumpung masih ada kuota, yuk segera registrasi event workshop "Making Shibori 2016" by ASEM Creative ini. Hanya dengan investasi sebesar Rp 380.000 aja, kamu sudah bisa mendapatkan segalanya tentang Shibori yang lengkap dengan sertifikat dan hasil karya Shiborimu sendiri. Rasakan sendiri keseruannya!

(AN)

Baca Juga: 

3 Fashion Items yang Harus Dimiliki Cewek Tahun Ini

Lyke, Aplikasi Baru Untuk Kamu Yang Fashion Addict

New Trend: Fashionable Dengan Kalung Choker

Festival Batik Bordir & Tenun Nusantara, Terbaik dan Terbesar di Jawa Barat

Harbolnas 2016, Hari Para eCommerce Kasih Diskon Gede!

Paling Baru's picture
Last seen: 11 min 9 sec ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18