Yuk! Lihat Keseruan Making Shibori 2016 Bersama ASEM Creative!

Yuk! Lihat Keseruan Making Shibori 2016 Bersama ASEM Creative!

Seni hias kain asal Jepang atau yang biasa disebut dengan Kesenian Shibori, merupakan hal baru yang diperkenalkan oleh ASEM Creative di Indonesia melalui kegiatan Making Shibori 2016. Kegiatan ini berlangsung sangat meriah, dengan mayoritas peserta kegiatan adalah wanita baik dari kalangan remaja maupun ibu-ibu.

Kegiatan yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 26 November 2016 ini merupakan kegiatan art & craft ke 14 yang buat oleh ASEM Creative. Dengan Bintang Aziizu sebagai pembicara, para peserta workshop sangat excited untuk belajar membuat berbagai pola pakaian berdasarkan 3 teknik khusus Shibori, yaitu teknik Itajime, teknik Kumo, dan teknik Chikuwa.

 

 

Berbagai macam pola pakaian telah dihasilkan oleh para peserta, mereka menggunakan lebih banyak menggunakan pewarna sintetis ketimbang pewarna alami, karena pewarna sintetis lebih cepat kering. Tak hanya itu, mereka juga lebih mengaplikasikan teknik “Indigo Dying”, dimana lebih banyak melakukan gerakan mengikat, melipat, memutar, dan menekan untuk menghasilkan pola kain atau pakaian yang bagus dan menarik. Peserta workshop sangat serius mengikuti kegiatan workshop karena menurut mereka, kegiatan membuat motif hiasan kain dengan cara diikat menggunakan tali merupaka hal baru. Sebab, di Indonesia motif hiasan kain selalu didapatkan dengan cara digambar atau dilukis menggunakan kuas atau canting.

 

 

Pada Workshop “Making Shibori 2016” kali ini, para peserta yang telah membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 380.000,- selain mendapatkan sertifikat kegiatan, juga mendapatkan pengalaman serta ilmu entrepreneur baru yang bisa diaplikasikan untuk kedepannya. Mereka diajarkan secara langsung oleh owner @bybinzu tersebut untuk membuat ikatan-ikatan pola yang menarik, selain itu mereka diajak praktik langsung bagaimana cara pewarnaan, pengikatan, dan pencelupan warna kain yang benar.

Workshop ini berlangsung kurang lebih selama 3 jam dan bertempat di Kedai C1 No. 1 Jalan Cisanggiri 1 No. 1, Pasar Santa, Jakarta Selatan. Melalui kegiatan ini ASEM Creative atau kepanjangan dari “Ayo Semangat Indonesia” Creative Network, dianggap telah berhasil untuk menggapai tujuannya sebagai penggerak roda ekonomi dalam mengeksplor bakat-bakat kreatif di Indonesia.

Nah, seru kan ? buat kamu yang belum beruntung ikutan tahun ini kamu bisa ikutan event selanjutnya ya ! Mangkannya, tetep stay tune di PalingBaru.com ya pibi.

(NR)

Baca Juga: 

Yuk Belajar Shibori di "Making Shibori 2016" Bersama ASEM Creative

Suprella, Desain Payungnya Unik dan Bikin Kita Jauh Dari Basah

Inspiratif! Gedung Sekolahan Harusnya Seperti Ini

Kirigami: Membuat Pajangan Dinding Dengan Seni Gunting Lipat Tiga Dimensi

Kolam Renang Palsu, Desain Interior Unik dari Jepang!

Paling Baru's picture
Last seen: 13 hours 6 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18