Aquila, Drone Besutan Facebook Siap untuk Diluncurkan

Tidak mau kalah dengan yang lainnya, perusahaan jejaring sosial raksasa, Facebook akhir-akhir ini melakukan pengembangan teknologi Drone terbarunya. Dikabarkan jika Drone besutan Facebook sudah memiliki daya terbang yang optimal. Teknologi Drone yang dikembangkan oleh Facebook dapat berguna untuk menghubungkan akses internet ke seluruh dunia. Keren bukan?

Diberi nama Aquila, Drone ini dikabarkan sudah berhasil uji coba terbang selama 1 jam 46 menit dan mendarat tanpa masalah. Seperti yang dilansir dari Engadget (02/07/2017) jika dalam pengembangannya, Drone ini seringkali mengalami kegagalan saat uji coba sebelumnya. Merasa perlu adanya pengembangan, team Facebook memasang beberapa komponen baru pada Aquila hingga akhirnya Drone canggih ini dapat terbang dengan sempurna dan dengan waktu yang lama.

Jika dilihat secara fisik, Drone milik Facebook ini tidak jauh berbeda dengan Drone lainnya. Hanya saja Aquila lebih mengoptimalkan kinerja sayap sehingga terlihat Drone ini memiliki sayap yang cukup besar. Walau sayapnya besar, Drone ini memiliki tingkat konsumsi daya yang rendah lho, PiBi. Konsumsi dayanya berada pada kisaran 5.000 watt saja.

Hebatnya lagi, Aquila yang mengusung konsep bahan bakar solar ini nantinya akan mengelilingi wilayah yang berdiameter hingga 60 mil. Dan juga akan memancarkan konektivitas internet dari ketinggian di atas 60.000 kaki menggunakan laser komunikasi yang didukung dengan sistem gelombang millimeter sebagai pendongkraknya. Dengan proses dan tujuan yang serba terukur itu, bisa dibayangkan bagaimana hebatnya Facebook dalam pengembangan teknologi.

 

(MA)

Sumber : Google, Facebook, Youtube, The Verge, Bussiness Insider, Engadget

 

Baca Juga:

Bukan Hanya untuk Praktek Teknologi, Ternyata Drone Juga bisa Selamatkan Nyawa Orang

BIKI, Drone Pertama yang Mampu Menyelam ke Bawah Laut

Manusia bisa Terbang bukan Lagi Khayalan, Teknologi ini Menjawabnya

Snorkeling atau Menyelam Tidak Perlu Menguras Tenaga dengan Sea Scooter dari Sea Doo Pro

Microsoft umumkan Surface Laptop, Sang Penantang Macbook Air

 

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar