Berkunjung ke Banyuwangi, Jangan Lupa Santap Rujak Kecut

Banyuwangi merupakan sebuah kota paling ujung timur Pulau Jawa yang dikenal dengan istilah Sunrise of Java. Berada pada ujung pulau, tentunya menjadikan Banyuwangi memiliki destinasi wisata laut yang berlimpah. Hal tersebut terbukti dari begitu banyaknya wisata laut yang dikelola dengan baik sehingga menjadi daya tarik minat turis lokal maupun mancanegara.

Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, Banyuwangi juga dikenal sebagai kota yang memiliki beragam kuliner tradisional yang mampu menggoyang lidah kalian seperti rujak soto, nasi pecel, pecel peyek, sego tempong, sayur kelor, sayur kelentang, hingga Nasi Cawuk. Nah, kali ini satu kuliner pedas yang tidak boleh kalian lupakan saat berkunjung ke Kota Gandrung, yaitu Rujak Kecut.

Rujak kecut merupakan kuliner khas Banyuwangi yang ada sejak sejak dulu dan tidak ada sumber pasti yang menyebutkan penemu dari kuliner yang membuat air liur menetes ini. Jika rujak pada umumnya menggunakan buah-buahan sebagai materinya, berbeda dengan rujak yang satu ini. Pasalnya, rujak kecut Banyuwangi tidak hanya menggunakan buah-buahan, melainkan dengan umbi-umbian yaitu ketela rambat. Dan, ketela tersebut dijadikan dalam  keadaan belum matang karena dipercaya mengandung berbagai khasiat.

Kuah yang digunakan adalah cuka khusus buatan sendiri dan bukan hasil pabrik. Jadi, campuran bumbu rujak dengan cuka khusus tersebut menciptakan sebuah rasa yang bakal buat kalian terlena dibuatnya. Dalam penyajiannya, rujak kecut juga sangat mantap disuguhkan dalam kondisi dingin atau dengan es. Jadi, dikonsumsi hangat maupun dingin, cita rasa dan kenikmatan dari rujak kecut ini tidak akan berubah atau berkurang sedikitpun.

 

Dan, tidak jarang orang yang menggunakan rujak kecut sebagai makanan pendamping nasi. Iya, rujak kecut dikonsumsi menggunakan nasi. Mungkin bagi sebagian orang yang belum mengerti, akan merasa kurang pantas, tapi jika kalian sudah pernah merasakannya dijamin kalian akan ketagihan dan nambah lagi. Tidak percaya? Buktikan saja.

(MA)

Sumber : Google, Instagram (@anieslesmana), Kabar Bisnis

 

Baca Juga:

Sudah Pernah Jajal Kenikmatan Jaje Uli Khas Bali Belum?

Bakso Panjang, Kuliner yang Buat Mabuk Kepayang

Kamu Hobi Masak? 4 Aplikasi Resep ini Wajib Kamu Miliki

Bisnis Kuliner Cukup Menjanjikan? Ini Buktinya

Shirataki, Makanan Diet Sehat yang Hampir Nol Kalori

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar