Berkunjung Ke Cirebon, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Maknyus ini

Kota Cirebon, selain dikenal dengan potensi dan keindahan alam wisatanya, juga dikenal dengan  aneka kulinernya yang khas. Wilayahnnya yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, membuat kota Cirebon kaya akan kuliner dari komoditas udang.

Nama kuliner - kuliner khas tersebut, sebut saja nasi jamblang, aneka olahan udang, keripik tempe sagu dan lan sebagainya, bisa menjadi kuliner yang nimat untuk disantap kala berkunjung ke Kota Cirebon.

Ada beberapa kuliner khas Kota Cirebon yang bisa dinikmati secara langsung, maupun di bawa pulang sebagai oleh-oleh.

1. Petis udang

kuliner khas cirebon

Cirebon yang kaya akan komoditi udang, melahirkan sebuah kuliner yaitu petis udang. Petis yang diolah dengan bahan dasar udang ini, sangat cocok di bawa sebagai oleh-oleh bagi keluarga. Petis udang ini juga memiliki rasa yang tidak terlalu manis, sehingga bisa dijadikan sebagai sambal sebagai pelengkap makan.

2. Kerupuk Udang

kuliner khas cirebon

Kuliner dengan olahan udang lainnya adalah kerupuk udang khas Cirebon. Selain rasanya yang gurih dan nikmat, kerupuk udang ini memiliki rasa udang yang sangat pekat dan tajam. Olahan kuliner ini bisa langsup disantap dengan cara diolah terlebih dahulu maupun di bawa sebagai oleh-oleh karena termasuk produk yang tahan lama.

3. Kerupuk Kulit

kuliner khas cirebon

Setelah kerupuk udang, Cirebon juga terkenla dengan kerupuk kulitnya yang khas. Kerupuk kulit yang mempunyai bahan dasar dari kulit kerbau ini, diolah sedemikian rupa dengan bumbu rempah pilihan. Rsanay yang gurih dan renyah, membuat kuliner yang satu ini sangat cocok disantap langsung maupun dibawa sebagai oleh-oleh.

4. Keripik tempe sagu

kuliner khas cirebon

Keripik memang menjadi olahan kuliner favorit untuk dinikmati. Untuk yang satu ini, Cirebon mempunyai keripik khas yaitu keripik tempe dan keripik sagu. Keripik tersebut diolah dengan cara diris tipis dan polos, tidak diberi tepung sebelum digoreng dan kemudian dilapisi sagu agar lebih renyah.

5. Keripik oncom

 kuliner khas cirebon

Berbeda denhan keripik tempe yang dilapisi tepung sagu, keripik oncom digoreng kering polos tanpa lapisan bumbu apapun. Rasanya? jangan ditanya. Karena digoreng polos tanpa tepung atau bumbu apapun, gurih dan wangi khas oncom masih kuat terasa ketika disajikan.

6. Sirup Tjampolay

kuliner khas cirebon

Salah satu sirup khas lokal Cirebon ini menjadi salah satu olahan kuluiner yang banyak diburu pembeli. Bahkan, ada banyak restoran maupuin hotel-hotel ternama di Cirebon, menghidangkan sirup ini untuk tamu yang datang berkunjung.

Sirup yang bernama Tjampolay ini mempunyai beragam rasa yaitu mangga gedong, rasa pisang susu, rasa melon, rasa cocopandan, rasa leci, rasa kopyor, rasa strawberry dan rasa mocca. Satu botol besanta dijual seharga Rp. 27.500.

7. Bumbu empal gentong dan empal asam

kuliner khas cirebon

Empal gentong merupakan kuliner khas kota Cirebon yang menjadi hidangan wajib dicoba kala bertandang ke Cirebon. Bagi pengunjung yang masih ingin merasakan kuliner ini meski tidak berada di Cirebon, bisa membeli bumbunya. Untuk sajian dengan takaran satu kilogram daging, bumbu ini dijual Rp.25,000.

(DN)

Source : Kompas Lifestyle

Image : kampoengTjaruban, rumahmesin, resepcoto, klikhotel, tokopedia

 

Baca Juga

Sebelum Dimasak, Kenali Bagian Daging Kambing yang Bisa Diolah Menjadi Menu yang Lezat

Serba Mangga, Ini Dia Menu Baru nan Lezat A&W Restaurants

La Pizza Geprek, Menu Baru dari Lazizaa yang Menggugah Selera

3 Aplikasi Wajib Bagi Kamu yang Doyan Makan

Ajaib, Es Krim Asal Jepang ini Anti Leleh Walau Terkena Sinar Matahari

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar