Desain Tanpa Bezel, Apple Resmi Ungkap Desain Fisik dan Fitur Iphone X

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Apple benar-benar telah merubah sejarah pada dunia smartphone pada tahun 2017 ini. Setelah sempat heboh dengan kemunculan prototype desain yang diduga sebagai iphone generasi selanjutnya, Apple secara resmi menghadirkan iPhone X (iPhone ten) dengan desain tanpa bezel.

Kehadiran smartphone ikonik tersebut menandakan bahwa eksistensi iphone telah menginjak tahun ke sepuluh, semenjak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2007. Secara tidak langsung, Apple telah membuat standar desain yang bakal menjadi trend bagi smartphone lain pada masa yang akan datang.

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Secara fisik, layar OLED 5,8 inchi disematkan pada bagian layar depan dengan resolusi 2436 x 1125 pixel (458 ppi) dan mendukung HDR dan tampilan True Tone layaknya iPad Pro dan 3D Touch. Pihak Apple sendiri menyebut layar ini dengan sebutan Super Retina Display dengan rasio kontras 1.000.000:1 dan rasio kecerahan maksimum hingga 625 nit.

Selain tampilan layar yang elegan, penempatan sensor dan kamera TrueDepth menempati kolom kecil pada sisi atas. iPhone X yang telah dilengkapi dengan fitur Face ID, menjadikan TrueDepth sebagai komponen penting untuk mendukung proses pengenalan wajah dengan sistem biometrik.

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Sensor kamera TrueDepth merupakan gabungan dari berbagai komponen yang terdiri dari kamera inframerah, dot projector dan flood illuminator. Integrasi dari komponen tersebut memungkinkan iPhone X untuk mengenali wajah pengguna dengan cepat dan akurat, meski dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Karena iPhone X sudah tidak menggunakan tombol home, sistem login TouchID pun diganti dengan sensor pengenal wajah. Tidak hanya digunakan untuk masuk pada perangkat, tetapi juga digunakan untuk melakukan pembayaran dengan sistem Apple Pay.

Seluruh komponen canggih tersebut diungkus dengan desain bodi yang apik dan tahan air. Perpaduan antara material kaca dan stainless yang dulu juga digunakan pada seri iPhone 4, membuat smarthpone ini terlihat kokoh. Terlebih, panel belakang dibuat dengan material kaca membuat iPhone X bisa mengisi ulang daya dengan dukungan wireless charging.

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Untuk dapur pacunya, Iphone X ditenagai oleh chip A11 Bionic yang terdiri dari 6 prosesor dengan 6 core dan GPU 3 core yang dibuat sendiri oleh Apple. Perangkat tersebut membuat iPhone X lebih kencang jika dibandingkan dengan iPhone 7 dan 7plus. Selain performa, A11 Bionic juga dapat mereduksi daya lebih hemat dan memungkin perangkat untuk bertahan selama  2 jam lebih lama dibandingkan dengan iPhone 7.

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Apple memang terkenal misterius untuk urusan besaran RAM yang digunakan pada setiap perangkatnya. Tidak banyak informasi yang diketahui dari pihak Apple tentang berapa besaran RAM yang digunakan pada iPhone X.

Menurut bocoran dari internet, Apple menyematkan RAM dengan kapasitas 3 GB pada perangkat iPhone X. Untuk A11 Bionic sendiri, perangkat ini mempunyai peranan penting untuk mendukung kinerja dalam menghadirkan pengalaman augmented reality (AR) yang immersive, dan dibantu oleh API ARKit pada iOS 11.

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Teknologi yang menarik dari A11 Bionic adalah komponen neural engine, dimana komponen ini dirancang secara spesifik untuk membantu kinerja algoritma machine learning untuk beroperasi, termasuk pada fitur Face ID. Algoritma terbaru ini mampu mengolah proses pengoperasian data secara real time hingga 600 miliar kali per detik.

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Pada kamera, iPhone X dibekali dengan sepasang kamera ganda dengan resolusi 12 megapixel yang dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS). Lensa wide-angle f/1.8 disematkan pada kamera pertama. Sedangkan untuk kamera kedua, didampingi oleh lensa telephoto f/2.4. Kemudian, LED flash empat warna disematkan diantara kedua kamera tersebut.

Berbekal kamera tersebut, iPhone X mampu memberikan hasil yang maksimal pada foto HDR dan mengunci fokus lebih cepat meski pada kondisi minim cahaya. Kemampuan video pun bisa dilakukan dalam resolusi 4K  60 fps. Mode slow-motion dapat diaktifkan dalam resolusi 1080-240 fps.

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Jika pada iPhone 7 Plus terdapat fitur Portrait Mode, fitur lanjutannya ada pada iPhone X yang bernama Portrait Lighting. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat memotret dengan mode pencahayaan yang berbeda.

Kamera depan pada iPhone X juga mendapatkan peningkatan yang signifikan. Dengan resolusi sebesar 7 megapixel, mengambil foto selfie juga bisa dilakukan dengan menggunakan Portrait Mode dan Portrait Lightning.

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Control Center yang mendapat tampilan antarmuka yang baru, kini bisa dibuka dengan mengusap layar ke bawah daru bagian indikator sinyal dan baterai di kanan atas. Asisten pintar Siri juga bisa dipanggil dengan menekan dan menahan tombol power di sebelah kanan.

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Jika ingin keluar dari aplikasi, pengguna hanya perlu mngusap layar ke atas dari bawah. Untuk berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya, cukup menggunakan gerakan yang sama, hanya saja, pengguna perlu menahan jarinya di tengah-tengah hingga deretan aplikasi yang terbuka muncul pada layar.

Apple resmi kenalkan Iphone X dengan A11 Bionic

Pada Iphone X,  Apple juga memperkenalkan fitur baru pada iMessage yang bernama Animoji. Emoji yang unik ini mampu mengenali dan menganalisa lebih dari 50 pergerakan yang berbeda dari otot wajah. Hasil dari proses pengenalan tersebut akan diterjemahkan berupa ekspresi dan karkater emoji yang berbeda. Kemampuan tersebut berjalan berkat sistem pengenalan sensor wajah yang ada.

Rencananya, iPhone X akan dijual dalam dua varian dengan kapasitas yang berbeda. Untuk kapasitas 64 GB dijual seharga $999 dan 256 GB seharga $1.149. Bagi pecinta warna-warni pada iPhone, bersiap-siaplah untuk kecewa.

Pada seri iPhone X ini, pihak Apple hanya menyediakan dua warna saja yakni silver dan space grey. Pemesanannya sendiri bakal dibuka mulai 27 Oktober mendatang dan baru akan dikirmkan kepada konsumen pada 3 November.

(DN)

Source : Daily Social ID, The Verge

Image : Apple

Video : Apple Youtube Channel

 

Baca Juga

JPX Resmi Luncurkan Helm Terbarunya, Intip Desainnya...

Unik, Bawa Pulang Ayam KFC Cukup Bayar Dengan Senyum

Setelah 12 tahun, Akhirnya Youtube Mengganti Logo. Ada Apa Ya?

Rumor, Smartphone terbaru Xiaomi Mi Mix 2 Dengan Fitur Premium Resmi Diluncurkan Bulan Depan?

Wooden Word Watch, Jam Tangan dari Kayu tanpa Penunjuk Waktu

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar