Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade Bollaert-Delelis

Buat pecinta sepakbola, membaca informasi tentang stadion sudah pasti jadi hal menarik. Stadion pada umumnya adalah salah satu tempat sakral bagi penggemar sepakbola, terutama markas tim yang mereka dukung.

Banyak fans olahraga asli Anglo-Saxon ini menganggap menyambangi stadion tim favorit mereka bagai perjalanan ziarah, bahkan naik haji. Setiap chant yang digaungkan para pendukung adalah nyanyian puji-pujian bagi pahlawan-pahlawan mereka yang berperang di lapangan.

Memandang arti penting stadion, Tim PalingBaru berkomitmen untuk memberikan informasi menarik berkaitan dengan stadion-stadion UEFA EURO 2016. Setelah Stade de France, kali ini kita akan membahas Stade Bollaert-Delelis.

Pengetahuan Dasar

Stade Bollaert-Delelis adalah markas kesebelasan Racing Club de Lens (RC Lens) yang berlokasi di kota Lens (Perancis bagian utara). Dibuka secara resmi di tahun 1933 dengan nama Stade Félix-Bollaert, stadion ini kemudian berubah nama menjadi Stade Bollaert-Delelis.

Félix-Bollaert adalah nama Direktur Komersial Lens Mining Company. Nama Delelis ditambahkan setelah walikota Lens (1966-1998), André Delelis, meninggal dunia di tahun 2012. Delelis sendiri merupakan penggemar RC Lens.

Stade Bollaert-Delelis pernah menjadi saksi terjadinya beberapa pagelaran akbar seperti Piala UEFA 1984, Piala Dunia 1998, dan Piala Dunia Rugby 2007.

Dengan kapasitas stadion yang hampir bisa menampung semua isi penduduk kota Lens, yakni, 35.000 kursi, Stade Bollaert-Delelis akan kembali menjadi saksi salah satu turnamen elit Eropa, UEFA EURO 2016.

Arsitektur

Suasana Stade Bollaert-Delelis Saat Pertandingan Berlangsung (sumber: RC Lens)

Lens sempat dikenal sebagai kota tambang dan para bekas penambang lah yang membangun stadion ini. Mereka menganggur karena terkena dampak salah satu krisis ekonomi terbesar dalam sejarah, Great Depression.

Gustave Spriet adalah arsitek awal dari Stade Bollaert-Delelis. Pada tahun 2014, stadion ini direnovasi oleh agensi Cardete & Huet, lalu Atelier Ferret Architectures.

Desain Stade Bollaert-Delelis mengadopsi gaya stadion Inggris, yaitu, memiliki empat tribun besar  keempat sudut stadion masih terbuka. Keempat tribun tersebut didedikasikan untuk empat legenda klub.

Pertama, Tribun Trannin, Henri Trannin, penjaga gawang RC Lens selama 18 tahun, sebelum akhirnya menjadi Direktur Olahraga Lens dari 1952 hingga 1956.  Tribun ini didedikasikan untuk Trannin pada 1976, dua tahun setelah dia meninggal.

Kedua, Tribun Marek-Xerxes. Tribun ini didedikasikan untuk Tony Marek, mantan pemain dan peLens yang lahir di Vienna, dan Xercès Louis, mantan manajer. Ketiga, Tribun Delacourt yang diperuntukkan bagi Élie Delacourt, mantan presiden grup suporter RC Lens. Tribun keempat dinamakan Tribun Lepagnot untuk menghormati mantan CEO dan petinggi distrik Artois de Football.

Pertandingan UEFA EURO 2016

Pertandingan-pertandingan yang akan digelar di stadion ini adalah:

1) Albania melawan Swiss tanggal 11 Juni 2016 (Grup A)

2) Inggris kontra Wales tanggal 16 Juni 2016 (Grup B)

3) Republik Ceko berhadapan Turki tanggal 21 Juni 2016 (Grup D)

4) Babak 16 besar tanggal 25 Juni 2016

Fasilitas

Stade Bollaert-Delelis dilengkapi dengan beberapa lounge untuk kamu makan dan minum setelah, selama, dan sesudah pertandingan. Ada Salon Presidentiel yang cukup luas dan terdiri dari tempat konferensi serta lounge. Selain makan,disini kamu juga bisa memesan cocktail, lho.  Selain Presidential Lounge, ada juga Pub 1906 yang lebih santai. Suasananya juga khas RC Lens banget!

Suasana Pub 1906 (sumber: RC Lens)

Memori Tak Terlupakan

Nah, apa kamu tahu kalau di stadion ini juga pernah ada peristiwa bersejarah, nggak cuma untuk Perancis, tapi juga dunia sepakbola? Laurent Blanc pernah mencetak Golden Goal di Stade Bollaert-Delelis pada Piala Dunia 1998 saat melawan Paraguay di babak 16 besar.

Ini juga merupakan Golden Goal pertama yang terjadi di ajang sepakbola senior. Blanc menjadi pemain penentu kemenangan Perancis karena gol itu. Kamu bisa tonton cuplikan Golden Goal Laurent Blanc di bawah ini:

Gimana? Keren kan sejarahnya Stade Bollaert-Delelis? Salah satu pertandingan seru yang harus kamu saksikan adalah Inggris kontra Wales. Pendukung garis keras Inggris pasti akan menambah semarak event ini. Tapi, semoga nggak rusuh, ya? 

(RF/ST/FM)

Baca Juga: 

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de France

Pertandingan UEFA EURO 2016 akan Direkam Menggunakan Kamera Virtual Reality Nokia OZO!

"This One's For You", Lagu Resmi UEFA EURO 2016 Sudah Dirilis!

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar