Google Abadikan Koreografer Amalia Hernandez Sebagai Doodle Hari ini

penari dan koreografer Amalia Hernandez google doodle hari ini

Google selalu punya cara yang unik untuk merayakan kejadian penting yang terjadi di seluruh dunia. Ulang tahun tokoh terkenal, kejadian penting, hingga penemuan dirayakan dengan sebuah ilustrasi lucu yang penuh warna di halaman depan kotak mesin pencari.

Doodle Hari ini (19/09/17), merayakan penari dan koreografer Amalia Hernandez yang berasal darai Meksiko. Di merupakan pendiri dari Ballet Folklorico de Mexico yang aktif berbagi budaya Meksiko dengan dunia sejak pertama kali didirikan.

Lahir pada tahun 1917, Hernandez mulia  mengembangkan semangat dan keahliannya untuk dan menari di awal kehidupan. Dia menjadi koreografer di Institut Seni Rupa Seni, di mana dia mengajar tarian modern. Dia kemudian mengalihkan perhatiannya pada tarian tradisional rakyat Meksiko .

penari dan koreografer Amalia Hernandez google doodle hari ini

Dia mencoba menggabungkan tarian ini dengan gerakan koreografer yang lebih dari sekedar pelatihan formal, membantu menciptakan gaya tarian yang sama sekali baru yang dikenal sebagai baile folklorico.

Pada tahun 1952, Hernandez mendirikan Ballet Folklorico de Mexico. Dimulai dengan delapan penari, rombongan ini berkembang menjadi lebih dari tiga ratus tahun untuk diikuti. Kelompok penari ini tampil di televisi untuk pertama kalinya pada tahun 1954, setelah itu mereka pun rutin ditampilkan dalam siaran mingguan.

Keberhasilan ini memungkinkan kelompok Amalia Hernandez untuk melakukan serangkaian tur ke Amerika Utara dan bahkan mewakili Meksiko di Pan American Games pada tahun 1959. Kesuksesan mulai menghampiri kelompok tari budaya ini.

penari dan koreografer Amalia Hernandez google doodle hari ini

Ballet Folklorico de Mexico masih ada dan tetap tampil sampai hari ini. Sejak awal, kelompok seni tari ini telah menari didepan lebih dari 22 juta orang. Amalia Hernandez tetap terlibat dengan grup tarinya tersebut sampai kematiannya pada tahun 2000. Dia juga bekerja sama dengan anak perempuan dan cucunya untuk membesarkan kelompok tari yang dulu didirikannya.

Selamat ulang tahun ke 100 kepada Amalia Hernandez. Semoga karya seni tarinya senantiasa dilestarikan dan dikenang sebagai duta budaya Meksiko yang warisannya bertahan melalui Ballet Folklorico.

 

(DN)

Source : Google

Image : masaryk tv, google, goldstar, balletfolkloricodemexico

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar