Intip Tao Cafe Yuk! Supermarket Tanpa Kasir Milik Alibaba

Jack Ma, selaku pendiri dari Alibaba baru-baru ini memperkenalkan gebrakan barunya dalam dunia bisnis lho, PiBi. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa Alibaba merupakan sebuah StartUp E-commerce raksasa di China. Ketenaran Alibaba sudah merambat ke seluruh penjuru dunia, terbukti dari banyaknya produk dari berbagai belahan dunia yang dijual pada toko online tersebut.

Kali ini, raja E-commerce tersebut menciptakan sebuah supermarket tanpa kasir yang bernama Tao Cafe. Tidak hanya tanpa kasir, supermarket besutan Alibaba tersebut juga tidak dijaga oleh Manager sekalipun. Yang terlihat pada supermarket tersebut hanyalah barang-barang jualan yang ditata rapi sesuai kategori dan jenisnya.

Dengan tanpa pengawasan seperti itu, Alibaba memperkuat sistem dan teknologinya. Tidak semua orang bisa masuk untuk berbelanja pada supermarket tanpa kasir itu. Syaratnya harus memiliki Alipay terlebih dahulu karena semua transaksi pembelian nantinya menggunakan payment gateway tersebut. Saat akan masuk pun, pengunjung diwajibkan memindai QR code pada aplikasi Taobao masing-masing. Dengan begitu, pengunjung akan diberi kebebasan untuk masuk ke dalam supermarket yang luasnya 200 meter tersebut.

Setelah mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan, pengunjung melakukan pembayaran pada tempat yang sudah ditentukan. Pembayarannya pun tidak menggunakan uang fisik, tapi menggunakan saldo pada Alipay. Untuk mengantisipasi pengunjung yang berniat nakal yang mengambil barang tanpa bayar, Alibaba menerapkan sistem sensor keamanan yang bisa mendeteksi. Ketika pengunjung nakal tersebut ke luar supermarket, maka secara otomatis saldo pada Alipay pengunjung nakal tersebut berkurang karena sistem sudah mengenali akunnya saat proses scan awal masuk Tao Cafe tadi.

 

Hebatnya lagi, saat pengunjung memilih makanan di food court, maka sistem akan mengeluarkan suara yang memastikan apakah pengunjung ingin membayar makanan tersebut. Jika pengunjung menjawab “iya”, maka secara otomatis saldo dari Alipay akan terpotong untuk membayar makanan tersebut.  Jika dilihat dari konsepnya yang tanpa penjagaan, Tao Cafe sepertinya memiliki banyak sensor tersembunyi dan kekuatan teknologi berbasis internet yang luar biasa. Jadi, konsep belanja tanpa antri pada toko online, kini menjadi nyata di toko offline.

(MA)

Sumber : Google, Dailymail, Mashable, Marketing Interactive, Getty Images

 

Baca Juga:

Begini Ternyata Strategi TeknoJek Agar Tetap Eksis di Dunia StartUp

Apple Luncurkan Homepad, Speaker Pintar yang bisa Dijadikan Asisten Virtual

Malang Punya Wisata Baru, Sudah Coba Belum?

Lebaran Dompet Tipis Tenang Saja ada Fuze Card

Sering Lupa Taruh Barang? TrackR Siap Bantu Kamu

 

 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar