JD Kembangkan Robot sebagai Pengantar Barang Otomatis

Kamu tahu Jingdong kan, PiBi? Sebuah e-commerce raksasa dunia asal Tiongkok yang lebih akrab disapa JD. Nah, baru-baru ini e-commerce nomor dua setelah Alibaba tersebut tengah ramai dibincangkan netizen lho, PiBi. Dikabarkan kalau JD tengah mengembangkan sebuah robot pengantar barang otomatis pertama di dunia. Wah, kira-kira seperti apa ya?

Robot tersebut berupa mobil pintar yang ditelah dibenamkan serangkaian teknologi sehingga mampu membuatnya bergerak secara otomatis. Dalam penggarapan mobil pintar ini, JD tidak sendiri, PiBi, tapi bekerjasama dengan dua produsen mobil asal Tiongkok, yakni SAIC Maxus dan Dongfeng Motor Corporation. Dikatakan pula jika mobil tanpa awak ini menggunakan tenaga listrik sebagai sumber daya utamanya.

Setelah proyek teknologi ini selesai, robot ini akan menerima perintah untuk mengantar barang dari pusat distribusi ke alamat tujuan pengiriman seluruh penjuru Tiongkok. Lantas apakah nantinya mobil ini benar-benar bisa mengantar barang tanpa awak? Dari beberapa tes yang telah dilakukan, mobil ini tengah dalam proses penyempurnaan yang kompleks, mencakup aspek-aspek perencanaan rute otomatis, menyalip, menghindari kemacetan, hingga parkir otomatis. Dari beberapa aspek perencanaan tersebut, sudah dapat dipastikan kalau nantinya mobil pintar ini akan bekerja secara maksimal walau tanpa awak sekalipun.

Tapi kamu juga perlu tahu, PiBi, kalau mobil pintar ini bukanlah proyek perdana dari Jingdong. Sebelumnya e-commerce raksasa Tiongkok tersebut pernah mengembangkan teknologi antar barang otomatis jalur udara melalui Drone. Dengan serangkaian teknologi canggih tersebut, tentunya dapat menghemat biaya operasional serta meningkatkan efisiensi pengiriman.

(MA)

Sumber : Google, Bestchinanews

 

Baca juga :

Aston Martin Bakal Luncurkan Kapal Selam, Kira-Kira Berapa ya Harganya?

Xiaomi Ciptakan Robot Pintar yang Berfungsi Sebagai Asisten Rumah Tangga

Gigaboom & Macro.II, Speaker Sakti dengan Cangkang Super Keras

Ini Bukan Drone, tapi Motor Ajaib yang Bisa Terbang

Pawbo, Gadget Pemantau Hewan Peliharaan yang Praktis

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar