Ketoprak Disiram Kuah Kaldu Sapi, Gimana Rasanya ya?

Ketoprak memang lumrah dikenal masyarakat luas sebagai kuliner khas Jakarta. Tak heran, setiap terdengar nama kuliner ini, bayangann yang ada pada benak kita adalah suasana kaki lima di jalanan Jakarta.

Lain Jakarta, lain pula di Solo, Jawa Tengah. Di kota ini juga terdapat ketoprak dengan keunikannya tersendiri. Berbeda dengan ketoprak saus kacang di Jakarta maupun kota lainnya di Kawasan Jawa Barat, ketoprak solo ini justru dinikmati dengan siraman kuah kaldu sapi, bukan saus kacang. Gimana rasanya ya?

Sejatinya, ketoprak ala Solo tersebut adalah bakmi ketoprak. Salah satu rumah makan yang menyediakan kuliner ini adalah Bakmi Ketoprak Yu Nani yang berada di Jalan Pandu Dewanata, tepatnya di samping gedung SDN Kartodipuran.

Warung yang telah eksis selama kurang lebih 50 tahun ini, dikelola oleh genrasi ketiga secara turun temurun. Tidak salah bila Bakmi Ketoprak Yu Nani merupakan pelopor kuliner unik ini di seluruh wilayah Solo.

Bangunan warung yang menempel pada dinding di bagian samping bangunan sekolah tersebut, terlihat sangat sederhana dengan ditutup sebuah tenda dari sponsor kecap. Masuk kedalam, terdapat kuris panjang dan kursi yang terbuat dari kayu sebagai tempat duduk bagi pengunjug untuk bersantap.

Di atas meja, terdapat deretan kue kering maupun basah yang tertata dengan rapi sebagai penganan ringan yang menemani tamu kala menikmati ketoprak. Ketika dihidangkan, satu piring bakmi ketoprak berisi tempe, tahu, kol, bawang, bihun, mi kuning, kacang tanah, ttelan daging taoge,kerupuk karak, bakwan dan sosis khas solo. Semuanya langsung lumer disiram dengan kuah kaldu sapi. Nyammm!

 Ketoprak yu nani asli solo

Rasa gurih dan lezat menjadi satu manakala lidah tersenggol oleh kuah kaldu sapi yang berwarna bening. Semua kelezatan tersebut bercampur menjadi satu dengan aneka isian bakmi yang mempunyai tekstur lembut karena rendaman kuah kaldu.

Jika berkunjung ke kota Solo, jangan lupa untuk mencoba bakmi ketoprak khas yang unik ini. Bakmi Ketoprak Yu Nani seporsinya dihargai Rp. 17.000. Jika tidak ingin kehabisan, sebaiknya segera bergegas. Sebab, warung ini mulai dibuka pada pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Satu porsi bakmi ketoprak di warung makan Yu Nani dihargai Rp 17.000. Satu porsi terbilang besar, sebab ketika dihidangkan kuah dan isi memenuhi hampir seluruh bagian piring. Warung Bakmi Ketoprak Yu Nani buka dari pukul 10.00-17.00 WIB. 

Ketoprak yu nani asli solo

(DN)

Source : Kompas Lifestyle

Image :  Kompas Lifestyle, KSMtour

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar