Mercedes AMG Project One, Mobil Hybrid Pertama Dengan Mesin Balap Formula 1

mercedez amg project one

Sempat heboh dengan prototpe dalam bentuk bayangan yang misterius, Pabrikan otomotif terkenal asal Jerman Merecedez Benz, resmi memperlihatkan mobil berkarakter sport mereka yang bernama Mercedez AMG Project One pada ajang Frankfurt Motor Show.

Yang istimewa, Mercedez AMG Project One adalah mobil pertama yang menggunakan mesin F1 yang legal untuk jalan umum. Didukung dengan tampilannya yang garang, mobil sport ini dijejali seabrek perangkat untuk mendukung performanya di jalanan.

Sebut saja penggerak dengan sistem hybrid yang serupa dengan Mercedez W08 F1, mesin turbocharged berkapasitas 1.600 cc V6 dan emapt motor listrik. Motor elektrik yang berjumlah dua buah didepan, sanggup ngebut hingga lebih dari 50.000 rpm. Sementara motor listrik ketiga sudah terintegrasi dengan peranti turbo. Terakhir, motor listrik keempat letaknya berdampingan dengan mesin bakar.

mercedez amg project one dengan mesin f1

Masing-masing dari motor yang terletak didepan tersebut sanggup memproduksi tenaga 160 tk (120 kW). Tenaga tersebut berpadu dengan motor listrik pada mesin dan yang terpasang pada turbo dengan tenaga yang dimiliki masing-masing sebesar 120 tk (90 kW). Total, tenaga yang disemburkan oleh empat  motor ini mencapai lebih dari 1.000 tk!

Dengan tenaga yang besar tersebut, pihak Mercedez mengklaim mampu mengeliminasi turbo lag.  Yang pasti, tenaga tersebut menjadi sesuatu yang levelnya melampaui jenis mobil-mobil hybrid lainnya.

Beralih ke sistem akselerasi, Project One sanggup melibas kecepatan samapi 350 kpj. Dalam kondisi laju, mobil juga sanggup berlari dari diam ke 200 kpj hanya dengan membutuhkan waktu enam detik!

mercedez amg project one dengan mesin f1

Selain tenaganya yang buas, sistem penggeraknya juga sangat mumpuni dengan menggunakan penggerak all-wheel drive bervariasi dengan vektor torsi dan paket baterai lithium-ion yang cukup besar. Dalam kondisi normal saat mengemudi, sistem tersebut secara otomatis mengembalikan 80 persen energi yang dibutuhkan dan langsung disalurkan kembali pada baterai.

Untuk penggerak roda belakang, tenaga akan disalurkan melalui transmisi automated 8-percepatan manual. Transmisi khusus ini dikembangkan hanya untuk Project One. Selain itu, girboksx juga bisa diaktifkan secara hidrolis sehingga memberikan pengguna untuk berkendara secara manual maupun otomatis plus ditambah dengan paddle shift.

mercedez amg project one dengan mesin f1

Karbon fiber monokok berkekuatan tinggi digunakan sebagai bodi dari Mercedez AMG Project One ini. Pada bagian interior, terdapat sepasang layar 10 inci, setir yang unik dan sejumlah tombol yang berfungsi untuk mengatur suspensi, kantung udara, mode berkendara hingga display.

mercedez amg project one dengan mesin f1

Pihak Merecedez hanya akan memproduksi Project One sebanyak 275 unit saja dengan setir kiri. Harga yang ditawarkan mencapai 2,7 dollar AS atau setara Rp 35,6 miliar. Menurut kabar yang beredar, semua unit yang akan diproduksi sudah laku terjual.

 

(DN)

Source : KompasTekno

Image : mercedez, motortrend, ndtvimage

Video : Youtube Mercedez Benz

 

Baca Juga

Jaguar I-pace, Mobil Listrik Masa Depan yang Akan Mengaspal 2018

Aura Sporty MINI Jhon Chooper Work GP Bakal Hadir di Frankfurt Motor Show 2017

Zero Motorcycle Luncurkan Motor Listrik Dengan Tenaga Super

Desain Suzuki Jimny 2018 Bocor, Netizen Heboh Menanti Rilisnya

Keren, Mobil Dengan Teknologi Pengingat Barang Bawaan Ini Bikin Kita Anti Lupa

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar