MOTI, Robot Lucu yang Menjaga Kesehatanmu

moti robot kesehatan pintar

Mengembangkan kebiasaan baik dalam bidang kesehatan tidaklah mudah. Jarang ada teman yang selalu mengingatkan tentang kebiasaan lari pagi kita, makan kita, minum 8 gelas air putih sehari, flossing gigi dan lain-lain yang berhubungan dengan kesehatan kita. Kalaupun ada pun itu bukan teman tapi pacar, hahaha.

Eits, namanya pacar juga pasti bisa saja lupa ngingetin kan? Apalagi, kalau kamu tipe orang yang gampang dilupakan, hahaha cheeky.

Oleh karena itu, jaman sekarang banyak sekali wearable device yang bisa menggantikan fungsi pacarmu dalam mengingatkan kesehatan, diantaranya yaitu Samsung Smart Welt, gelang pintar Moov, Cincin Pintar BioRing, hingga perhiasan pintar Leaf Urban.

Tetapi, ada baiknya kita melihat perangkat yang paling baru lagi. Sekarang sudah ada MOTI, robot lucu dan pintar yang bisa menjadi pengingat sekaligus menganalisis perkembangan kebiasaan aktivitas kesehatan yang kamu lakukan setiap harinya.

moti robot kesehatan pintar

Menariknya, MOTI punya penilaian kepada aktivitas yang kamu lakukan. Dia akan memberikan warna hijau ketika dia menganggap aktivitasmu meningkat dan akan memberikan warna merah ketika dia menilai aktivitasmu menurun atau tidak sesuai dengan target.

moti robot kesehatan pintar

moti robot kesehatan pintar

Dengan begitu pasti kamu akan termotivasi kan untuk selalu memperoleh warna hijau setiap harinya? Seperti yang dijelaskan oleh pengembang MOTI dalam kampanye nya, "Robot pintar ini diciptakan atas dasar dari penelitian akademis tentang ilmu perilaku dan robotika sosial. Dimana MOTI mempunyai prinsip utama yang digunakan oleh otak kita untuk membentuk suatu kebiasaan, yakni Habit Loop Theory, Variable Rewards dan Physical Robots Motivate More Than Digital One Screens."

moti robot kesehatan pintar

Wahh.. apa aja tuh?

Habit Loop Theory adalah teory dimana otak kita membutuhkan tiga hal untuk membentuk kebiasaan, yaitu Trigger, Routine dan Reward. Hebatnya, MOTI punya itu semua.

moti robot kesehatan pintar

moti robot kesehatan pintar

moti robot kesehatan pintar

moti robot kesehatan pintar

Variable Rewards adalah variabel penghargaan yang tidak sama. Kepuasan kita memperoleh penghargaan ketika mencapai target tidak bisa selalu sama, karena kita pasti akan selalu meningkatkan level atau memperoleh kemajuan. MOTI memiliki tingkatan penghargaan tersebut dan akan unlock ketika kamu mencapainya.

Physical Robots Motivate More Than Digital One Screens adalah motivasi yang berbeda ketika kita berinteraksi dengan produk teknologi yang bersifat semi-anthropomorphized dan benar-benar hidup di kehidupan nyata. Mereka akan lebih membantu kita bertanggung jawab atas komitmen kita.

moti robot kesehatan pintar

Hebat kan?

Emm.. emang ada ya wearable device yang bisa membantu dengan cara melibatkan psikologi kita selain MOTI? hahaha. Jadi, MOTI memang selangkah lebih maju dari wearable device yang ada saat ini.

Saat ini kamu sudah bisa memesan MOTI melalui situs terpercaya kampanye crowdfunding Kickstarter.com. Untuk harganya, MOTI ditawarkan dengan harga $114 atau sekitar Rp 1,4 jutaan dan akan dikirimkan sekitar bulan Agustus 2017 dengan biaya pengiriman ke Indonesia sekitar $15. Jadi, kamu bisa memiliki MOTI dengan harga kurang lebih Rp 1,6 jutaan.

moti robot kesehatan pintar

moti robot kesehatan pintar

Selamat lebih hidup sehat bersama MOTI!

(FM)

Baca Juga: 

Samsung’s Welt: Sabuk Pintar Yang Bisa Mengontrol Berat Badanmu

Moov, Gelang Pintar Pengganti Pelatih Fitnessmu

Seperti Dokter, Cincin Pintar BioRing Bisa Baca Kesehatanmu!

Leaf Urban Smart Jewelry, Tambah Cantik Tapi Tetap Sehat!

ASUS Zenbo, Asisten Keluarga yang Lucu dan Serbaguna

Tags: 
admin's picture
Last seen: 6 hours 33 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18

Tuliskan pendapatmu tentang artikel diatas