Nama Horor Tapi Rasa Bintang Lima, Inilah Ketoprak Kuburan!

ketoprak kuburan yogyakarta

Selain budayanya yang khas, Yogyakarta juga terkenal dengan deretan kulinernya yang lezat. Salah satunya adalah ketoprak. Kuliner yang berasal dari Jakarta ini, kian mudah di temukan di Yogyakarta. Semakin meningkatnya popularitas kuliner ketoprak di wilayah ini, semakin banyak pula penjual ketoprak dengan rasa dan keunikannya masing-masing.

Salah satunya ketoprak yang terkenal adalah ketoprak kuburan. Meski namanya terdengar seram, ternyata ketoprak ini mepunyai rasa yang lezat. Terbukti, ketoprak dengan nama unik tersebut selalu ramai dan habis di borong pembeli.

ketoprak kuburan yogyakarta

Ketoprak kuburan yang hadir sejak tahun 2012 ini, berjualan di sekitar emperan toko AC Daikin yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Wirobrajan, Yogyakarta. Nama kuburan sendiri berasal dari awal mula warung ini membuka usahanya di depan kuburan kuncen. Jadilah hingga sekarang disebut ketoprak kuburan. Selain nama ketoprak yang unik, kuliner ini juga dijajakan dengan menggunakan VW Kombi lawas produksi tahun 1973.

ketoprak kuburan yogyakarta

Satu porsi ketoprak kuburan ini berisi lontong dengan tekstur yang lembut, taoge, tahu dan bihun dan taburan bawang goreng. Kemudian disiram dengan bumbu kacang dan bumbu kecap dan kerupuk sebagai pelengkap. Selain itu, pembeli  yang menyukai rasa pedas juga bisa meminta jumlah cabai sesuai keinginan.

Kelezatan dari ketoprak kuburan ini adalah, lontong yang digunakan merupakan racikan sendiri dengan bahan dari  beras berkualitas sehingga teksturnya sangat lembut. Cita rasa gurih semakin terasa dengan siraman bumbu kacang plus rasa pedas yang sedikit menggigit di lidah. Dengan harga seporsi Rp. 12.000 plus telur dan Rp. 10.000 tanpa telur, ketoprak kuburan ini mulai melayani pelanggan pada pukul 18.00 hingga pukul 23.00. Seringkali ketoprak ini ludes di borong pembeli sebelum pukul 23.00.

 

(DN)

Source : Kompas Travel

Image : travel.tribunnews, bagus gowes, wisata kuliner jogja

 

Baca Juga

Ajaib, Es Krim Asal Jepang ini Anti Leleh Walau Terkena Sinar Matahari

Serba Mangga, Ini Dia Menu Baru nan Lezat A&W Restaurants

Selain Lezat, Bentuk Kuliner khas asal Korea ini Sangat Unik dan Instagrammable

Sudah Pernah Jajal Kenikmatan Bakso Buaya Belum, PiBi?

Sudah Pernah Nyobain Bakso Kelapa Muda Belum PiBi?

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar