Sebelum Dimasak, Kenali Bagian Daging Kambing yang Bisa Diolah Menjadi Menu yang Lezat

 

Moment idul Adha tidak lepas dari banyaknya aneka olahan kuliner berbahan dasar daging kambing. Sebelum mengolah daging tersebut, ada baiknya jika memperhatikan teknik yang benar dalam mengolahnya.

Selain teknik memasak daging kambing yang benar, kenali juga bagian - bagian dari daging yang bisa diolah. Bagian tersebut tentu mempunyai cara dan penanganan khusus yang berbeda agar memperoleh hasil masakan yang pas.

Di negara - negara maju seperti benua Eropa, terdapat sebuah standarisasi dalam mengolah bagian-bagian daging kambing. Untuk satu ekor kambing, ada sembilan bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai olahan kuliner.

Tapi hal tersebut tidak berlaku di Indonesia. Untuk satu ekor kambing, rata-rata semua bagian daging tersebut dimanfaatkan semua. Mulai dari kepala, otak, kulit kaki, betis, panggul hingga paha.

Untuk lebih jelasnya, simak bagian dari daging kambing yang bisa diolah.

1. Daging kaki depan (lamb foreshank)

 bagian daging kambing

Kaki depan ini terbagi menjadi dua macam, yaitu kaki depan dan kaki belakang. Seluruh dari bagian ini terdapat di bagian paha hingga kaki. Perbedaan daging bagian kaki ini terdapat pada tekstur dagingnya, dimana kaki depan lebih keras dibanding kaki belakang.

Hal ini disebabkan kaki depan memiliki banyak otot dibandingkan lemak. Oleh karena itu, teknik pengolahannya tentu berbeda. Kaki kambing bagian depan harus diolah lebih lama dibandingkan kaki belakang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Menu olahan yang cocok untuk bagian kaki ini adalah masakan yang berkuah seperti semur, sup dan kari.   

2. Daging sengkel (lamb shank)

 bagian daging kabing

Bagian daging pada kaki belakang ini memiliki tekstur yang lebih empuk dibandingkan kaki depan.  Sangat cocok diolah untuk jenis masakan seperti semur.

3. Daging panggul (lamb leg)

 bagian daging kambing

Panggul memiliki tekstur daging yang lembut dan empuk di bandingkan daging di bagian kaki lainnya. Kadar lemak yang sedikit membuat bagian daging ini memiliki aroma yang cukup kuat. Cocok diolah menjadi sate, tongseng dan gulai.

4. Daging iga  (rib)

 bagian daging kambing

Iga menjadi bagian dari kambing yang populer disajikan sebagai menu masakan. Baik dengan cara dibakar, rebus maupun digoreng. Jika ingin mengolah dengan cara dibakar, hal pertama yang dilakukan adalah merebus terlebih dahulu menggunakan panci bertekanan tinggi.

Untuk menghilangkan bau anyir dari daging, disarankan menggunakan bumbu yang terdiri serai, daun salam dan kunyit. Selain menghilangkan bau, bumbu tersebut juga bisa menghilangkan lengket  yang ditimbulkan oleh lemak dari iga pada saat proses merebus.

Hidangan populer yang disajikan di bagian iga ini adalah iga bakar dan sup kambing.

5. Daging has luar (sirloin)

 bagian daging kambing

Bagian inilah yang populer disajikan di restoran - restoran dengan menu ala western. Kerap disajikan sebagai steak, daging yang mempunyai tekstur yang empuk dan lemak yang sedikit ini juga bisa diolah menjadi rendang dan sate.

6. Daging has dalam (tenderloin)

 bagian daging kambing

Sama seperti daging sapi, bagian has dari daging kambing ini juga merupakan salah satu bagian yang populer disajikan sebagai menu kuliner. Teksturnya yang empuk dibanding daging has luar, membuat bagian ini cocok diolah untuk tongseng dan sate.

7. Daging bahu (chateaubriand)

 bagian daging kambing

Bagian daging yang terletak di punuk bagian atas ini menjadi bagian yang paling empuk. Harganya pun lebih mahal dari bagian lainnya. karena teksturnya yang empuk, sangat cocol diolah menjadi sajian berupa sate maupun steak.

(DN)

source : Kompas Lifestyle

image : derbymeats.co.uk, wisegeek.com, jonvilma.com, okezone,com, godfreys.co, springwoods meat, derby meats LTD

Baca Juga

Serba Mangga, Ini Dia Menu Baru nan Lezat A&W Restaurants

La Pizza Geprek, Menu Baru dari Lazizaa yang Menggugah Selera

Sudah Pernah Nyobain Bakso Kelapa Muda Belum PiBi?

Sudah Pernah Jajal Kenikmatan Bakso Buaya Belum, PiBi?

Singkong Goreng Bawang, Kuliner Hits Masa Kini

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar