Pesawat Terbesar di Dunia akan Segera Meluncur ke Angkasa

PiBi, tahu tidak kalau akhir-akhir ini dunia penerbangan sedang dihebohkan dengan peresmian sebuah pesawat baru. Jika PiBi bertanya-tanya kenapa peresmian kok bisa heboh? Kan sama saja seperti peresmian pesawat lainnya.

Hebohnya peresmian tersebut dikarenakan pesawat yang bernama Stratolaunch ini digadang-gadang sebagai pesawat terbesar di dunia. Peresmian tersebut dilakukan pada Rabu pekan lalu di California, Amerika Serikat. Kalau dilihat dari bentuknya, memang sedikit lucu ya PiBi. Seperti dua pesawat yang kembar siam. 

Dilansir dari Space, dengan rentang sayap sepanjang lapangan bola, pesawat ini bakal menjalankan misi paling spektakuler dalam sejarah penerbangan, yakni meluncurkan satelit udara. Diperkirakan bentang sayapnya mencapai 30 meter lebih panjang dari pesawat kargo terbesar di dunia. Wah, kalau pesawat kargo yang besar aja masih dikalahkan ukurannya, segede apa ya ini pesawat Stratolaunch?

Pada ujicoba pekan lalu, pesawat yang memiliki sayap hingga 117 meter ini hanya melakukan pengujian bahan bakar. Kabarnya lagi, pesawat yang sangat besar ini perlu setidaknya enam mesin jet 747 untuk membawanya terbang mengudara. Pesawat ini juga dilengkapi dengan 28 roda. Kalau bicara bobot, pastinya tidak ada yang menandingi. Kabar mencuat bahwa bobot yang dimiliki pesawat ini mencapai 250.000 kilogram dalam keadaan kosong lho, PiBi!

 

Kabar punya kabar, katanya sih salah satu pendiri Microsoft, Paul G. Allen turut andil dalam penciptaan karya yang luar biasa ini. Stratolaunch rencananya akan diluncurkan pada tahun 2019 nanti jika semua persiapan sudah matang dan sesuai dengan rencana.

(MA)

sumber: USA Today, Geek Wire, Youtube

 

Baca Juga:

The New NASA’s Mars Rover, Mobil Baru Penjelajah Mars Kelak

Wow Jepang akan Segera Luncurkan Bus Tanpa Supir

Faraday Future FF 91 Bisa Jadi Pesaing Berat Tesla

Legacy 500, Jet Pribadi Mewah Jackie Chan Punya

Asyik, Google Flight Telah Rilis di Indonesia

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar