Sudah Pernah Jajal Kenikmatan Jaje Uli Khas Bali Belum?

Kalau membahas tentang Pulau Bali memang tidak ada habisnya. Selain menyimpan panorama yang menggoda mata, Pulau Seribu Pura juga menyimpan berbagai kuliner yang bisa menggoyang lidah. Saat menentukan liburan ke Bali, kalian harus mengetahui kuliner Bali yang akan kalian santap nantinya. Seperti rujak Kuah Pindang, Sate Lilit, dan Ayam Betutu. Namun, tidak hanya makanan berat saja, kalian juga harus mencicipi kenikmatan jajanan tradisional Bali sebagai pelengkap libur kalian.

Jajanan tradisional di Pulau Dewata memang bervariasi, ada jajan basah maupun kering. Tapi ada sebuah jajanan tradisional yang menjadi ikon di sana, yaitu Jaje Uli. Makanan tradisional Jaje Uli sendiri merupakan kue berbahan dasar ketan dan tepung beras yang bisa dijadikan jajanan basah maupun jajanan kering. Kalau dijadikan jajanan kering, biasanya kukusan ketan dan tepung beras yang sudah diberi bahan lain tersebut akan dipipihkan. Maka dari itu, bentuk dari Jaje Uli kering memiliki ukuran yang cukup tipis.

Jajajan ini merupakan makanan khas Bali yang diwariskan oleh nenek moyang. Biasanya digunakan sebagai sebagai pelengkap Hari Raya Umat Hindu di sana karena memang tradisi mengatakan demikian. Tapi, kalau kalian ingin menyantapnya kalian tidak perlu menunggu waktu Hari Raya, karena di Bali banyak yang menjualnya untuk konsumsi sehari-hari. Tapi hati-hati dalam membeli ya, PiBi. Sebab, resep dari Jaje Uli membutuhkan pengetahuan turun-menurun dari para leluhur sehingga tidak sembarang orang bisa membuatnya dengan rasa asli yang sangat nikmat.

Untuk urusan harga, Jaje Uli sangat bersahabat, karena dengan uang Rp. 10,000,- saja kalian sudah bisa menikmati jajanan ini dengan berbagai varian warna dan rasa.  Terlebih bagi kalian yang suka minum kopi, Jaje Uli sangat cocok untuk dihidangkan bersama kentalnya kopi.

Nah, sudah tahu jajanan khas Bali kan? Jadi, kalau kalian ke berlibur ke Pulau Seribu Pura, kalian harus mencicipinya ya, PiBi?

(MA)

Sumber : Google, Limakaki, Anak Jajan

 

Baca Juga:

Selain Panorama Alam, Ternyata Kuliner Pedas ini Juga bisa Buat Kamu Kangen sama Bali

Bakso Panjang, Kuliner yang Buat Mabuk Kepayang

Bagaimana rasa Kue yang Dipanaskan dengan Lava Gunung Berapi?

Kamu Hobi Masak? 4 Aplikasi Resep ini Wajib Kamu Miliki

Bisnis Kuliner Cukup Menjanjikan? Ini Buktinya

 

 

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar