Wow, Peneliti Swiss Ciptakan Sensor Pemantau Suhu Makanan yang Bisa Dikonsumsi!

Pernahkah kamu merasa kesal karena makanan yang kamu konsumsi tidak lagi segar? Atau bahkan kamu merasa ditipu oleh penjualnya? Yaps, kalau hal tersebut sering terjadi, kali ini ada kabar gembira untukmu, PiBi. Baru-baru saja, peneliti asal Swiss telah menemukan cara untuk mendeteksi suhu kesegaran makanan yang diberi nama Biogredable Microsensors.

Biogredable Microsensors merupakan sebuah chips atau sensor yang sangat tipis, tidak lebih dari 16 mikrometer yang berfungsi untuk memantau suhu makanan. Dikatakan pula ukurannya jauh lebih tipis dari helaian rambut. Wah, tipis banget berarti ya? Menurut penciptanya, sensor berteknologi ini juga bisa dikonsumsi manusia dengan aman lho, PiBi.

Aman dikonsumsi karena Biogredable Microsensors tercipta dengan bahan polimer yang cukup familiar dengan organ-organ di dalam tubuh, seperti pati jagung, kentang, magnesium, water soluble silicon dan nitirida. Nah, dengan beberapa bahan tersebut, kamu tidak perlu takut lagi kalau sensor ini tak sengaja tertelan juga, PiBi. Untuk saat ini, Biogredable Microsensors masih memerlukan daya dari nirkabel yang terhubung ke mikrokomputer, mikroprosesor, dan sistem pemancar.

Lantas untuk urusan transmisi data, semua proses kerjanya dilakukan secara nirkabel. Namun, sayangnya penemuan baru yang sangat inovatif ini masih belum resmi dipasarkan. Pihak pengembang masih terus melakukan penyempurnaan sehingga dapat memberikan dampak baik untuk membantu orang banyak.

(MA)

Sumber : Google, Nytimes, Youtube

 

Baca juga :

Keren, Panasonic Ciptakan Sebuah Alat yang Bisa Hitung Kalori Makanan

Jangan Dibuang, kenali 5 manfaat Tersembunyi Dari Teh Celup

Kamu Mengidap Rematik? Atur Pola Makanmu Dari Sekarang!

Simak 4 Buah yang Katanya Anti Kanker ini Yuk!

Ajaib! Gesper Sakti ini Bisa Buat Kamu Sehat Selalu

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar