Zipline, Drone Serbaguna Untuk Kirim Bantuan Medis di Daerah Terpencil

Zippline angkut sampel darah dengan drone

Baru-baru ini,sebuah pesawat tak berawak menerbangkan darah manusia yang dingin selama 160 mil melewati gurun Arizona yang panas . Hal ini membuktikan kepada dunia medis bahwa mengangkut sampel biologis pada sebuah drone yang dioperasikan dari jarak jauh bisa diwujudkan secara nyata. Darahnya pun  masih dalam kondisi baik setelah penerbangan tiga jam, yang berarti bahwa pertumbuhan peran drone dalam perawatan medis pedesaan benar-benar dapat berpotensi menyelamatkan nyawa.

Bagi orang-orang yang tinggal di daerah terpencil, pergi ke dokter atau mendapatkan tes laboratorium bisa menjadi tantangan. Itu sebabnya, penggunaan drone untuk menurunkan persediaan medis atau mengambil sampel darah untuk pengujian bisa menjadi sebuah hal yang menantang.

Drone angkut sampel darah

Beberapa perusahaan, seperti Zipline yang berbasis di California, telah berada dalam kegiatan ini  selama beberapa tahun. Perusahaan ini secara berkala telah mendistribusikan darah untuk keperluan transfusi dengan drone di Rwanda. Sebagai informasi, Drone Zipline bisa terbang sekitar 93 mil dalam perjalanan.

Seiring waktu,  teknologi ini menjadi lebih banyak digunakan secara luas. Para peneliti ingin memastikan bahwa sampel biologis yang diangkut oleh drone aman tanpa terkontaminasi minyak bahan bakar drone misalnya.

Studi yang dilakukan sebelumnya menunjukkan, perjalanan dengan menggunakan drone ternyata membuat darah tetap utuh tersimpan dengan baik pada penerbangan jarak pendek. Hanya hal tersebut belumlah cukup dijadikan sebagai acuan.

Drone yang diujicobakan harus mampu menjangkau daerah-daerah terpencil dengan rentang jarak yang sangat jauh. Oleh sebab itu, profesor patologi  Timothy Amukele di Johns Hopkins University mengumpulkan sampel darah dari 21 orang dewasa, dan menerbangkan setengah dari sampel di dengan menggunakan drone selama tiga jam melewati gurun kering Arizona.

Pada ujicoba lainnya, Profesor Amukele dan timnya menggunakan drone hibrida yang menggabungkan kemampuan helikopter untuk diluncurkan dan mendarat secara vertikal dengan jarak tempuh penerbangan yang lebih panjang dan lama.

drone angkut sampel darah di kenya

Tim ilmuwan mencoba memasang pendingin berbahan dasar busa ke badan drone. Didukung oleh aki onboard yang biasa digunakan pada kendaraan, pendingin tersebut menyimpan sampel sekitar 75 derajat Fahrenheit - 15 derajat lebih dingin daripada udara luar. 

Setelah penerbangan, tim tersebut melakukan serabgkaian  tes darah, menghitung sel dan mengukur kadar sodium dan karbon dioksida. Kemudian mereka membandingkan hasil dari darah di yang dibawa oleh drone dengan darah di mobil, untuk mengecek apakah penerbangan telah mempengaruhi hasil uji 'akurasi.  Hasilnya, sampel darah pada drone tersebut masih dalam kondisi baik meski terkena suara dengungan dari baling-baling motor pada drone.  

drone angkut sampel darah

Temuan yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Pathology baru-baru  ini. Sebelum pesawat tak berawak digunakan untuk membawa darah dalam jarak yang lebih jauh, para periset perlu melakukan lebih banyak penerbangan uji coba, menggunakan sampel darah dari orang-orang yang tidak begitu sehat seperti relawan dalam penelitian ini.  

Jika ada pesawat tak berawak yang membawa bahan berbahaya, tentu dapat membahayakan orang-orang yang bekerja  di lapangan. Jadi drone untuk transportasi medis harus diatur sedemikian rupa. Seperti pilot yang harus memiliki lisensi, dan rute tertentu yang telah ditetapkan sesuai petunjuk untuk mencegah kecelakaan.

(DN)

Source : The Verge

Image : fsmedia, endgadget, voa news, stonybrook, new atlas

 

Baca Juga

Ajaib! Gesper Sakti ini Bisa Buat Kamu Sehat Selalu

The Touchpoints, Gelang Elektrik yang Mampu Meredam dan Hilangkan Stress

Instagram Mampu Melihat Kesehatan Mental Melalui Postingan Foto, Benarkah?

Meditation Studio, Solusi Meditasi Secara Cepat dan Terjangkau

Bali Breeze, Krim Tabir Surya Asli Indonesia Dengan Kandungan Ekstrak Edelweiss

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar