HealthNews & Information

Minyak Ikan dan Vitamin D Ternyata Dapat Mencegah Serangan Jantung & Stroke

PalingBaru – Pastinya sahabat Pibi tau yah, apa itu minyak ikan dan vitamin D ? Paling enggak, kedua suplemen ini sering dipromisikan di iklan-iklan yang berguna untuk kecerdasan otak, dan vitamin D punya manfaat untuk kesehatan kulit.

Nah, kalau dulu kamu dengernya begitu, hari ini kamu akan mengetahui manfaat lain dari minyak ikan dan vitamin D ini. Yakni untuk mencegah serangan jantung, stroke, dan beberapa penyakit jantung lainnya.

Fakta ini ditemukan oleh dua penelitian terkemuka, yang telah diterbitkan di New England Journal of Medicine.

Sebagaimana dikutip dari Science Alert, penelitian tersebut melakukan percobaan pada beberapa orang yang dibagi ke dalam dua kelompok. Satu kelompok yang menderita penyakit jantung atau diabetes. Dan kelompok kedua mewakili masyarakat secara umum.

Kedua kelompok itu diberikan obat yang terbuat dari Omega-3 fatty acids. Namun diberi formulasi dan jumlah obatnya berbeda. Hasilnya, orang yang mengkonsumsi obatnya setiap hari merasakan perlindungan pada jantung dan masalah peredaran darah, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

Sementara vitamin D yang dikonsumsi kelompok lainnya, ditemukan tidak memberi pengaruh pada penyakit jantung. Tetapi memberi penurunan pada kanker dari waktu ke waktu.

Penelitian tentang manfaat minyak ikan ini sebetulnya sudah pernah dilakukan di Jepang pada 2007. Hanya saat itu tidak dibandingkan dengan efek yang didapat orang yang menggunakan plasebo, dan telah diperumit dengan besarnya jumlah ikan dalam pola makan khas jepang.

Penelitian dari VITAL ikut memperkuat manfaat minyak ikan ini pada kesehatan jantung. Yang mana menemukan hasil, bahwa orang yang mengkonsumsi obat yang mengandung minyak ikan bisa mengurangi kemungkinan mendapat serangan jantung sebesar 28 persen. Sedang yang mengkonsumsi plasebo hanya mendapat 8 persen lebih rendah pada kemungkinan terserang berbagai penyakit jantung.

Nah, jadi tunggu apa lagi sahabat Pibi? Mari rawat tubuh kita dengan mengonsumsi minyak ikan dan vitamin D!

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close