EventNews & Information

150 Raja Berkumpul di Sumenep Madura

Apa yang terbersit saat kamu mendengar kata keraton? Apa iya di jaman yang serba digital begini masih ada kehidupan keraton. Ternyata masih ada lho,….. Keraton di Nusantara jumlahnya masih ratusan dan eksis sampai sekarang.

Salah satunya adalah Sumenep, yang wujud keratonnya masih utuh sampai sekarang. Di Jawa Timur hanya keraton Sumenep lah yang masih bisa kita lihat lengkap dan terawat.

Karenanya Sumenep menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asean ke-5. 150 raja dari keraton di Nusantara dan Asean berkumpul di Sumenep.

Rangkaian acara dari tanggal 27-31 Oktober 2018 diantaranya Pembukaan Festival Keraton Nusantara oleh Presiden RI Joko Widodo (Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Jawa Timur Sukarwo, dan beberapa staf ahli presiden juga hadir). Selain itu ada Kirab Budaya Keraton, Pameran Pusaka dan Mobil Kuno, Seminar Nasional, Royal Trip ke beberapa destinasi wisata ikon Sumenep.

Ada juga pagelaran budaya keraton Nusantara. Masing-masing peserta menampilkan kesenian tradisinya. Dari Gowa Sulawesi Selatan menampilkan Tari Mancak seperti pencak silat. Dari Jogja menampilkan Tari Hanoman Obong, Tari Martanun penampilan dari Simalungun, Tari Pak Sipak dari Lampung, dll.

Sementara dalam Royal Trip, para tamu kerajaan mengunjungi beberapa tempat, yaitu :

Desa Wisata Keris di Desa Aeng Tong Tong kecamatan Saronggi, disini para delegasi melihat proses pembuatan keris.

Desa Wisata Batik desa Kandangan kecamatan Bluto, peserta melihat langsung proses pembuatan batik khas Madura.

Kerapan Sapi dan Sapi Sonok di kecamatan Kota Sumenep, ini adalah 2 jenis tradisi yang unik

Festival diakhiri dengan festival musik tong-tong, salah satu musik tradisional khas daerah pesisir.

By Diane Suryaman

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close