PiBi udah pernah nyobain diet Flexitarian belum, nih? Konsep diet Flexitarian ini menggabungkan antara “Flexible” dan “Vegetarian”. Jadi, dengan diet sehat ini, kita memperbanyak makan sayur-sayuran, tapi kalau lagi kepingin daging, boleh banget tetap makan daging sekali-kali. Asyik banget kan, PiBi?

(Foto: Istimewa)

Tren tahun 2017 ini, makin banyak yang nyobain diet Flexitarian. Makin banyak juga selebriti yang mengubah gaya hidupnya dan pakai diet sehat ini. Contohnya Beyonce dan Jay-Z, mereka bilang diet ini berhasil, lho.

 

(Foto: Istimewa)

Soalnya nih, seperti yang dilansir oleh The Daily Meal, ternyata sebanyak 57% penduduk Amerika mengubah gaya diet mereka untuk menjadi lebih sehat, bukan lebih kurus. Selain itu, dengan pola hidup diet sehat, otomatis berat badan kita bakal terjaga terus keseimbangannya.

FORMULA FLEXITARIAN, THE BITE LIFE

(Foto: Istimewa)

Emang gimana sih resepnya diet Flexitarian? Kuncinya, ada pada pola makan 3-4-5. Waktu sarapan makan 300 kalori, makan siang 400 kalori, dan makan malam 500 kalori. Snack bisa dua kali dengan masing-masing 150 kalori. Jadi, dalam sehari, total kalori yang dikonsumsi untuk diet Flexitarian sebesar 1500 kalori. Tapi ini tergantung gender, aktifitas, dan kebutuhan tiap orang juga ya, PiBi. Bisa disesuaikan jadi sedikit lebih banyak atau kurang dari 1500 kalori.

Trus, apa aja nih, yang boleh dan nggak boleh dimakan waktu kita diet Flexitarian? Ganti daging dengan tahu, kacang-kacangan, dan telur. Perbanyak makan buah dan sayur. Step ganti dagingnya bisa pelan-pelan. Misalnya, dua hari dalam seminggu makan tanpa daging sama sekali, diganti sama tahu, kacang-kacangan, telur, sayur, dan buah. Lanjut diet Flexitarian level berikutnya jadi tiga sampai empat hari dalam seminggu tanpa daging.

KOMBINASI TELUR, TAHU DAN SAYUR MAYUR PENGGANTI DAGING, WATCHFIT

(Foto: Istimewa)

Kalau sukses, lanjut naik tingkat diet Flexitarian lagi jadi lima hari dalam seminggu makan tanpa daging. Lakukan diet Flexitarian ini dalam waktu lima minggu berturut-turut. Gampang kan, PiBi? Masih ada sisa hari dalam seminggu yang bisa kita buat cicipin daging kalau lagi ngiler hehehe. Ini ada contekan beberapa resep lezat diet Flexitarian yang bisa PiBi cobain nih di rumah.

Sarapan Pagi

Apple and almond butter toast

1 lembar roti gandum

1 ½ sendok makan selai almond atau selai kacang

1 iris apel

 

Makan Siang

Barbecue baja burger

1 vegetarian burger

1 roti hamburger gandum

1/4 iris alpukat

1/4 cup brokoli

2 sendok makan saus barbeque

1 jeruk

Dessert

Mexican hot chocolate

1 cup (8 ons) susu rendah lemak atau susu kedelai

1 sendok makan cocoa powder

1 sendok makan madu

Cinnamon secukupnya

SEGERA DAPETIN BUKUNYA YA, JUST TRAPE NUTRITION

(Foto: Istimewa)

Untuk menu lengkap diet Flexitarian, PiBi bisa lihat di buku The Flexitarian Diet karangan Dawn Jackson Blatner. Buku ini bisa dibeli di situs Amazon.com. Cobain gaya hidup sehat diet Flexitarian mulai dari sekarang, yuk!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar