PiBi pernah dengar Desa Erriadh yang berlokasi Di Pulau Djerba? Mungkin PiBi sama seperti kebanyakan orang lain yang masih asing dengan tempat tersebut. Memang sih, Pulau ini kurang begitu dikenal namanya karena tidak ada destinasi wisata ataupun bisnis besar di sana yang membuat wisatawan dan investor enggan datang ke sana. Sebelumnya Pulau Djerba yang terletak di Afrika Utara ini hanya diketahui sebagai tempat ziarah.

Namun, beberapa tahun belakangan ini keadaan Desa tersebut seakan disulap. Tempat yang dulunya merupakan tempat yang sepi, kotor, dan jarang dikunjungi oleh tamu kini berubah menjadi tempat yang penuh dengan unsur seni. Sepanjang jalan Desa Erriadh dipenuhi dengan lukisan yang menakjubkan atau yang lebih dikenal dengan istilah Street Art. Dan kini desa yang awal mulanya tersisihkan ini menjelma menjadi target para wisatawan.

Dilansir dari Amusing Planet, bahwa proyek seni jalanan ini dimulai pada tahun 2013 yang diprakarsai oleh Mehdi Ben Cheikh, seorang seniman asal Tunisia. Dalam pengembangannyya, Mehdi Ben Cheikh merangkul ratusan seniman untuk berkarya bersama menjadikan Desa Erriadh menjadi sebuah tempat yang dipenuhi dengan unsur seni. Hingga akhirnya perubahan tersebut dimulai dari 2014, terlihat wisatawan satu persatu mulai mencicipi keindahan karya seni yang terpampang sepanjang jalan tersebut.

Menurut kabar yang beredar, awalnya para warga dan pemilik rumah merasa enggan saat desa mereka akan dilumuri oleh cat warna. Namun, dengan musyawarah yang cukup panjang akhirnya warga menyetujui proyek tersebut. Bahkan warga memberi saran ide mengenai seni lukis yang sedang digarap oleh para seniman tersebut.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar