Wabah nyamuk memang selalu menjadi hal yang mengkhawatirkan ya, PiBi. Sebab, nyamuk merupakan binatang yang bisa membawa penyakit berbahaya untuk kesehatan manusia. Bagaimana tidak, setiap nyamuk yang masuk dalam kategori nyamuk berbahaya akan membawa penyakit yang berbeda pula sesuai jenisnya. Seperti penyakit Zika yang baru-baru ini sempat membuat panik seluruh dunia.

(Foto: Istimewa)

Dengan tingginya tingkat kepanikan tersebut, banyak pihak yang mengantisipasi dengan berbagai cara. Seperti perusahaan raksasa, Microsoft kali ini. Demi mencegah terjangkitnya penyakit Zika, Microsoft turut berpartisipasi dengan cara menciptakan sebuah robot khusus. Dilansir dari Geekwire, bahwa robot ciptaan Microsoft ini sangat cerdas karena mampu membedakan jenis serangga. Jadi, robot ini bisa membedakan jenis-jenis nyamuk beserta penyakitnya.

(Foto: Istimewa)Robot anti nyamuk yang diciptakan Microsoft tersebut memiliki bentuk yang sedikit lucu. Tingginya pun tak lebih dari tinggi dari manusia dewasa. Tapi hebatnya robot ini memiliki 64 ruang jebakan untuk nyamuk yang berbahaya. Uniknya lagi, ruang jebakan tersebut tak henti-henti mengeluarkan karbon dioksida untuk menarik perhatian nyamuk. Jadi, saat nyamuk-nyamuk berbahaya tersebut dipancing menggunakan karbon dioksida rekayasa oleh robot cerdas besutan Microsoft tersebut.

(Foto: Istimewa)Tidak sampai di situ, saat ada nyamuk yang masuk ke dalam jebakan robot, maka seketika itu robot mengeluarkan laser untuk mendeteksi jenis nyamuk tersebut. Jika tidak tergolong dalam nyamuk berbahaya maka robot akan membiarkan nyamuk tersebut untuk pergi. Tapi sebaliknya, jika robot mendeteksi bahwa nyamuk tersebut adalah berbahaya, maka ruang jebakan tersebut akan tertutup seketika itu juga. Sejauh ini, Microsoft masih terus melakukan uji coba untuk pengembangan dan penyempurnaan robot terbarunya tersebut.

Sumber : Google, Geekwire, Microsoft News Centre, Twitter,

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar