Kebanyakan produsen mobil berlomba-lomba untuk menciptakan mobil canggih dengan desain keren agar memikat hati konsumen. Namun, berbeda dengan pabrikan mobil asal Jepang, yaitu Toyota yang baru saja meluncurkan sebuah mobil listrik khusus bagi penyandang disabilitas. Yap, mobil tersebut diberi nama Concept i-Ride.

Toyota Concept i ride

Seperti yang kamu ketahui, Toyota memang tidak pernah absen dalam persaingan industri otomotif dunia dengan mengandalkan inovasi dan kreatifitas. Inovasi demi inovasi terus dilakukan hingga tak heran kalau perusahaan ciptaan Kiichiro Toyoda ini selalu bertengger pada posisi atas dalam daftar brand terlaris. Setelah beredar informasi mengenai Toyota Rush 2018, kali ini Toyota kembali memamerkan mobil Concept i-Ride yang mendapat seribu pujian dari pegiat otomotif dunia.

Toyota Concept i ride

Kemunculan Concept i-Ride diawali dari ajang Tokyo Motor Show 2017 beberapa waktu lalu. Dalam ajang yang sangat bergengsi ini, Toyota dengan penuh percaya diri mengenalkan Concept i-Ride kepada seluruh pengunjung yang datang. Mobil ini memiliki konsep untuk membantu kaum disabilitas agar lebih mudah dalam memasuki mobil. Hal tersebut didukung dengan ruang kursi roda yang terletak pada bagian roda belakang.

Toyota Concept i ride

Menariknya lagi, Concept i-Ride tidak memiliki roda kemudi loh, PiBi. Lalu cara mengendalikannya menggunakan apa? Jangan kaget ya, PiBi, roda kemudi pada mobil ini akan digantikan dengan Joystick! Iya, Joystick. Jadi, kecanggihan mobil dalam film Robocop yang selama ini kamu tonton bakal jadi kenyataan! Yaps, inilah hebatnya Toyota dalam kreatifitas dan inovasi. Tapi Toyota melakukan hal tersebut bukan tanpa alasan loh. Menurut pihak pengembang, dengan menggunakan Joystick maka pengendara akan lebih leluasa dan jarak pandang pun bisa lebih luas.

Toyota Concept i ride

Selain itu, Concept i-Ride didukung dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Teknologi ini bisa diklaim bisa mengambil alih kemudi dalam moment-moment tertentu. Misalnya pengemudi tidak bisa parkir, maka teknologi tersebutlah yang akan mengambil alih untuk segera melakukan parkir dengan tepat. Dengan adanya teknologi tersebut sudah pasti pengemudi yang menyandang disabilitas akan terbantu.

Walau masih sekedar konsep, nyatanya banyak pihak yang sudah tidak sabar menantikan mobil ini mengaspal. Kira-kira kapan ya luncurnya di Indonesia?

(MA)

Sumber : Google, Toyota, Techcrunch

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar