Hai PiBi, kamu tahu Supermoon kan? Sebuah istilah yang sering digunakan saat purnama tiba. Namun, Supermoon bukan sekedar purnama, melainkan bentuk sempurna dari bulan yang mendekati titik terdekat dari bumi. Sehingga penampakan bulan akan sangat besar. Jadi, seolah-olah posisi bulan sedang berdempetan dengan bumi. Tapi itu nyata loh, PiBi, bukan Genjutsu atau Mugen Tsukuyomi-nya Uciha Madara ya.

Perlu diketahui juga, orbit bulan yang mengelilingi bumi tidak berupa lingkaran, PiBi, tapi lebih ke bentuk oval. Kalau menurut bahasa ilmiahnya, fenomena ini disebut perigee yang berarti mencapai titik terdekat. Supermoon juga bisa dikatakan sebagai fenomena langka, sebab menurut beberapa sumber mengatakan kalau Supermoon terjadi dengan kurun waktu yang tidak dapat ditentukan. Karena begitu langkanya fenomena tersebut, maka banyak orang yang ingin sekali menyaksikan secara langsung.

Nah, bicara mengenai Supermoon pastinya kamu sudah mendengar kabar kalau Indonesia merupakan Negara yang beruntung di tahun ini karena fenomena Supermoon dapat disaksikan secara sempurna dengan mata telanjang. Yap, fenomena tersebut berlangsung pada tanggal 3 dan 4 Desember 2017 kemarin. Tapi, tidak seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan langsung secara sempurna. Dihimpun dari beberapa informasi, bagian Indonesia Timur adalah yang paling beruntung, seperti Bali dan sekitarnya.

Menurut pengamat lain, beberapa Negara di Eropa hanya bisa melihat separuh dari Supermoon. Nah, buat kamu yang tinggal di Indonesia, rugi banget deh kalau ngelewatin kesempatan langka kemarin. Ada yang sengaja nggak tidur loh cuma untuk nungguin Supermoon muncul. Ada juga yang sampai menggunakan kamera lensa tele dan alat-alat pendukung lainnya.

Buat kamu yang belum beruntung untuk menyaksikan secara langsung, kamu tenang aja, PiBi. Denger-denger awal Januari 2018 mendatang, Supermoon bakal muncul lagi. Jadi ditunggu aja yah!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar