Pernahkah kamu merasakan seketika pada bagian kepala saat mengkonsumsi makanan atau minuman dingin seperti es krim? Kalau iya, jangan disepelekan. Mungkin saja kamu mengalami Brain Freeze atau yang biasa disebut otak beku. Secara resmi, International Headache Society mengakui kondisi Brain Freeze adalah kondisi nyeri kepala setelah mengkonsumsi makanan dingin.

(Foto: Istimewa)

Sebuah study mengatakan terjadinya nyeri pada kepala karena perubahan aliran darah di otak secara cepat. Sesaat meminum minuman dingin, aliran darah dapat meningkat dengan sangat cepat terutama di pembuluh darah besar pada otak. Maka dari itu, otak yang pada dasarnya memang sangat sensitive akan bereaksi akibat pembuluh darah yang tidak stabil. Hingga menimbulkan rasa nyeri yang menyakitkan.

(Foto: Istimewa)

Dari beberapa sumber yang dihimpun mengatakan jika rasa sakit Brain Freeze ini akan menghilang apabila pembuluh darah kembali normal seperti semula sebelum mengkonsumsi kudapan dingin. Beberapa ilmuan menyarankan agar menempatkan lidah pada langit-langit mulut untuk membantu menghangatkan darah yang lewat. Jadi, saat kepala terasa nyeri lebih baik kamu hentikan mengkonsumsi makanan dingin sementara sampai rasa nyeri tersebut benar-benar hilang dan normal kembali.

(Foto: Istimewa)

Namun, ada baiknya jika kamu mencegah hal tersebut sebelum terjadi dengan cara makan dengan tidak terlalu sering mengkonsumi makanan dingin lagi. Selain itu, makanlah secara perlahan. Jadi, saat mengkonsumsi makanan yang dingin, makanlah dengan perlahan agar tidak menimbulkan reaksi yang menyebabkan rasa nyeri pada kepala.

Sumber : google

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar