Jepang yang kaya akan aneka jenis kuliner, ternyata menyimpan salah satu kuliner unik yang rasanya bahkan melebihi lezatnya daging ayam. Tak jarang, makanan satu ini sering menjadi buruan bagi pecinta kuliner Jepang.

Kuliner unik tersebut adalah Unagi, yaitu daging belut yang dimasak dengan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah khas Jepang. Tekstur dagingnya yang lembut, membuat hewan ini sangat mudah diolah. Baik dengan cara dibakar, digoreng maupun direbus, kuliner ini tetap saja sangat menggiurkan untuk disantap.

Biasanya, Unagi disajikan ketika masih hangat,  berdampingan dengan semangkuk atau sepiring nasi dan saus karamel sebagai bumbu yang biasa disiramkan di atas daging. Sebuah sajian yang sempurna bagi pecinta kuliner Jepang.

Unagi yang tampak seperti fillet ikan ketika disajikan, ternyata akaya akan kandungan vitamin A dan E, dan asam lemak Omega-3. Itulah sebabnya banyak orang Jepang menjadikan kuliner satu ini sebagai menu santapan wajib. Wajar bila kemudian kuliner ini banyak disajikan di setiap restoran di Jepang.

Tradisi makan Unagi ini tercatat sudah sering dilakukan pada zaman Edo (1600-1850), dimana tradisi tersebut masyarakat menyantap Unagi pada hari pertengahan musim panas tertentu yang dalam bahasa Jepang disebut  Doyo-ada Ushi-no-hi  untuk mendapatkan stamina yang lebih prima pada saat  musim panas.

Salah satu perfektur di Jepang, Aichi, ternyata merupakan perfektur yang dikenal banyak menghasilkan unagi. Salah satu sajian khas dari perfektur ini adalah Hitsamabushi, sebuah kuliner tradisional yang menjadikan sajian unagi sebagai lauk utamanya. Yang unik, kuliner ini tetap mempertahankan cita rasa originalnya dengan cara dipanggang langsung tanpa dikukus terlebih dahulu. Hmm…

Lain di Jepang, Lain pula di Indonesia. Unagi yang merupakan kuliner khas asal negeri sakura ini ternyata sangat mudah dijumpai di restoran- restoran Indonesia. Salah satunya adalah Waroeng Unagi yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat.

Restoran ini menyajikan aneka menu ala Jepang dengan sentuhan western seperti Unagi rice burger. Unagi Rice Burger berbentuk sebuah burger pada umumnya, namun diisi dengan nasi dan daging belut plus taburan rumput laut diatasnya.

Dibalik rasanya yang lezat, kuliner belut ini juga tidak bisa dimasak secara sembarangan. Ada teknik khusus ketika memasak sajian ini, plus cara menyajikannya. Di jepang sendiri, gaya memasak kuliner ini disebut dengan Kabayaki. Teknik ini merupakan persiapan awal ketika menyiapkan daging Unagi, dimana daging tersebut dibagi ke bawah bagian belakang (atau perut), dipotong fillet persegi kemudian ditusuk lalu dicelupkan ke dalam saus berbasis kecap manis sebelum panggang di atas panggangan arang.  Jika daging belut yang telah ditusuk kemudian dipanggang tanpa dicelup dengan saus terlebih dahulu disebut dengan Shirayaki.

Unagi yang telah matang pun mempunyai nama yang berbeda, bergantung dengan wadah yang digunakan. Unagi yang disajikan di dalam sebuah mangkuk disebut Unadon.  Jika wadah yang digunakan berbentuk kotak persegi, maka disebut Unaju. Dan jika disusun secara berjenjang, kuliner tersebut dinamakan Jubako.

Terlepas dari hal tersebut, Unagi merupakan kuliner khas Jepang yang lezat sekaligus menyehatkan. Terbukti dengan kandungan vitamin yang ada, kuliner ini juga kini sudah sanagt umum dijumpai, termasuk di Indonesia sendiri. Tertarik mau nyoba PiBi! yuk share pengalaman unikmu berburu kuliner Jepang ini di kolom komentar ya!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar