Siapa dari PiBi yang punya kamera DSLR?

Kalian yang memiliki DSLR, pasti pernah merasa keren karena DSLR bisa menghasilkan hasil foto yang jauh lebih bagus dari kamera ponsel. Apalagi, DSLR memang telah berhasil menggeser kamera film yang sempat booming pada zamannya. Tidak bisa dipungkiri, ketika kita membawa kamera DSLR, banyak mata yang melihat kita sebagai seorang fotografer handal. Benar, nggak?

Tapi bersiaplah, sebab kamera DSLR diprediksi akan segera tergeser karena perkembangan zaman.

Di tahun 2018 ini, sudah semakin jarang fotografer profesional yang membawa kamera besar DSLR. Tinggal beberapa fotografer saja yang masih setia karena kebutuhan pekerjaan. Misalnya fotografer olahraga atau fotografer alam liar. Sisanya, sudah mulai berpindah ke teknologi fotografi yang kita kenal dengan nama mirrorless camera.

Mirrorless camera sekarang sudah menjadi pilihan para pecinta fotografi hingga masyarakat awam. Pasalnya, ukuran kamera mirrorless yang lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan kamera DSLR, mengingatkan masyarakat dengan pocket camera. Namun, keunggulan mirrorless camera adalah kemampuannya untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang sama dengan hasil jepretan DSLR.

Fotografer profesional Indonesia, seperti Arbain Rambey dan Marrysa Tunjung Sari sudah mulai beralih sepenuhnya pada kamera mirrorless karena kemampuannya yang setara dengan DSLR. Pilihan lensa untuk kamera mirrorless juga sudah mulai beragam hingga mendekati sempurna. Hasil foto mereka juga tetap optimal meskipun menggunakan kamera mirrorless. Mereka dan beberapa fotografer lain juga kerap mengungkapkan dan menjelaskan keunggulan kamera mirrorless lewat media sosial mereka.

Teknologi lain yang siap menggantikan kamera DSLR adalah kamera smartphone. Yap, benar! Smartphone yang kita miliki juga sudah dilengkapi dengan kamera, kan? Semakin ke sini, kamera yang ada pada smartphone kita juga semakin baik dengan teknologi yang terus dimutakhirkan oleh perusahaan ponsel.

Tidak sedikit juga perusahaan media cetak dan media online yang hanya menggunakan kamera smartphone untuk menghasilkan foto pendukung berita. Keadaan itu tentu akan semakin menggeser keberadaan kamera DSLR di masyarakat nih, PiBi!

Jadi, kalau PiBi sendiri bagaimana? Masih mau setia dengan kamera DSLR?

 

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar