News & InformationScienceTechnology

3 Teknologi Film Sains Fiksi yang Menjadi Kenyataan

Palingbaru – Film sains fiksi mungkin jadi salah satu genre favorit Sahabat Pibi. Bukan tanpa alasan film ini banyak digemari, karena di dalamnya terdapat cerita  tentang teknologi masa depan dalam kehidupan manusia.

Uniknya, beberapa film fiksi ini menjadi inspirasi bagi para ilmuwan untuk mengembangkan teknologi dan pada akhirnya narasi film fiksi itu menjadi kenyataan di kehidupam kita.

Dikutip dari Science Alert, ada 5 contoh film sains fiksi yang menjadi kenyataan di hari ini, berikut daftarnya.

Pertama, misi manusia ke bulan. Kita sudah tau kalo misi ini berhasil diselesaikan astronot NASA Neil Armstrong dan Edwin pada 1969 bersema timnya.

Ternyata, misi manusia ke bulan ini sudah digambarkan lebih dulu oleh Jules Verne dalam novel fiksinya berjudul From Earth to the Moon yang terbit pada 1865.

Kedua, Ponsel genggam buka-tutup atau flip phone. Alat komunikasi ini pertama diperkenalkan oleh cerita fiksi Star Trek pada tahun 1966.

Para insinyur kemudian mulai mengembangkan alat komunikasi tersebut dalam kehidupan nyata sejak tahun 1960-an, hingga lahirlah mobile phone pertama di dunia keluaran Motorola pada tahun 1973, kemudian berkembang menjadi flip phone seperti dalam Star Trek itu pada tahun 1989.

Ketiga, kehadiran radio. Gambaran yang orang-orang bisa mendengarkan berita tanpa mesti membaca koran ini ada di  karya  Verne berjudul Twenty Thousand Leagues Under the Sea, yang dipublikasikan di 1870.

Dalam buku tersebut, Verne menggambarakan kehadiran radio itu pada tahun 1889. Hingga akhirnya hal itu kenyataan pada tahun 1920 dengan munculnya radio siaran.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close