HealthNews & InformationTau Gak Sih?

4 Hal Tentang Olahraga yang Mesti Kamu Tahu

Palingbaru – Hai Sahabat Pibi, kamu pasti suka olahraga buat bikin badan lebih bugar di sela-sela aktivitasmu  Namun, kamu mungkin pernah punya beberapa anggapan dari olahraga ini. Mulai dari soal manfaat satu gerakan buat bagian tubuhmu atau pun lainnya.

Nah, berikut ini ada empat hal yang menjadi kesalahpahaman beberapa orang dalam olahraga sebagaimana dikutip dari Science Alert.

Pertama, olahraga hanya cukup sekali atau dua kali dalam seminggu. Untuk membangun jadwal olahraga yang teratur tidak hanya cukup seminggu satu kali atau dua kali. Karena minimalnya, program olahraga yang teratur itu sebanyak 3 hari per pekan.

Kedua, waktu terbaik olahraga adalah pagi hari. Kesimpulan ini keliru, karena waktu terbaik itu kapan saja sejauh kamu bisa konsisten di waktu itu. Misalnya, kalau kamu memilih buat ke gym malam hari, lakukanlah secara konsisten. Kalau mau rutin lari di pagi hari, lakukanlah itu secara teratur.

Ketiga, pengangkatan berat badan berarti mengubah lemak menjadi otot. Ini juga salah kaprah, yang benar adalah lemak itu ga bisa berubah menjadi otot.

Secara fisik, tubuh kita itu terdapat dua jaringan. Pertama jaringan Adipose, sebuah jaringan berlemak yang terletak di bawah kulit, terhimpit di antara otot, dan di sekitar organ dalam seperti jantung.

Jaringan kedua adalah otot yang ditemukan di sekujur tubuh, dan olahraga berat badan hanya bisa membantu membentuk jaringan otot di dalam dan di sekitar beberapa jaringan lemak.

Jalan terbaik untuk mengurangi jaringan lemak atau adipose itu yakni dengan memakan panganan diet yang sehat, yang terdiri dari sayuran, padi-padian, protein tak berlemak.

Keempat, puzzle dan game sebagai olahraga untuk otak. Nah, kamu mungkin mengira permainan seperti puzzle dan sejenisnya bisa membantumu dalam melatih kesehatan otak.

Anggapan ini keliru, karena berdasarkan dua penelitian menyatakan bahwa kesehatan otak itu bisa dilatih dengan olahraga aerobik, bukan dengan cara main game.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close