Uncategorized

4 Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Berbuka Puasa

Menjelang berbuka puasa, kamu pasti sudah menyiapkan berbagai makanan atau sudah memikirkan mau makan apa saja. Ada baiknya, kamu harus mengerem kebiasaan ini. Karena ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh kamu konsumsi ketika berbuka puasa. Jika dikonsumsi akan mengakibatkan kesehatan mu terganggu dan ibadah berpuasa selanjutnya menjadi terhambat. Pilih makanan yang sehat dan seimbang ketika berbuka puasa.

Berikut ini ada 4 makanan dan minuman yang harus kamu hindari ketika berbuka puasa:

1. Makanan Berminyak atau Gorengan

Makanan Berminyak atau Gorengan (Sumber: Vemale)

Ketika berbuka puasa, kebanyakan orang-orang di Indonesia akan langsung mengkonsumsi gorengan. Karena gorengan dapat memberikan rasa langsung kenyang dan rasanya juga enak. Padahal gorengan sangat tidak sehat dan penuh dengan kandungan lemak. Lemak pada gorengan sulit untuk dicerna. Jika kamu membeli gorengan di luar itu lebih tidak sehat lagi. Pasalnya, kamu tidak mengetahui kehigienisan bahan-bahan dan alat memasak yang digunakannya. Belum lagi dengan minyak goreng yang dipakai, sudah pasti tidak pernah diganti dan jika penjual nakal biasanya dicampur dengan plastik.

 

2. Makanan Manis

Makanan Manis Harus Dihindari (Sumber: Mau Sehat)

Mengkonsumsi makanan manis memang dapat mengembalikan energy yang hilang setelah seharian berpuasa. Memang dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis, tetapi bukan dengan pemanis buatan dan tinggi gula. Konsumsilah makanan yang mengandung pemanis alami seperti kurma. Hindari kolak yang kaya akan gula serta santan yang dapat membuat asam lambung mu meningkat

 

3. Makanan Pedas

Makanan Pedas (Sumber: Tropicana Slim)

Makanan pedas memang selalu menggugah selera. Tetapi, hal ini tidak baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Pasalnya, perut mu kosong karena seharian berpuasa dan ketika berbuka langsung dihajar dengan makan-makanan pedas. Hal ini akan mengiritasi lambung dan menimbulkan gas lebih banyak. Efeknya adalah perut kamu akan terasa mulas dan kembung. Jika kamu memiliki sakit maag, maka akan kambuh.

 

4. Minuman Dingin

Minuman Dingin (Sumber: Pretty Stuff)

Berbuka puasa memang paling enak dengan yang dingin dan segar-segar. Tetapi hal itu tidaklah baik, karena sistem pencernaan kita yang kosong selama lebih dari 12 jam perlu penyesuaian saat berbuka puasa. Jika langsung minum minuman dingin maka akan menyebabkan kontraksi pada lambung. Sebaiknya hindari minuman dingin ketika berbuka puasa, boleh mengkonsumsi air dingin tetapi diawali dengan minum air hangat dan makan kurma lalu dilanjutkan dengan minum minuman dingin.

Sebenarnya keempat makanan dan minuman di atas bukanlah tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Boleh dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan. Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, alangkah lebih baiknya kita memperhatikan seluruh makanan dan minuman yang kita konsumsi. Karena, semua makanan dan minuman yang dikonsumsi akan menentukan kesehatan tubuh kita. Jika makanan yang kamu konsumsi sehat dan higienis maka tubuh mu akan sehat, sebaliknya jika kamu mengkonsumsi makanan tidak sehat dan tidak higienis maka daya tahan tubuh mu akan lemah sehingga mudah terserang penyakit. Yuk mulai hidup sehat!

(TR)

Baca Juga:

3 Menu Berbuka Puasa Ala KRAFT Cheddar yang Wajib Kamu Coba! Nikmat dan Mudah Dibuat!

4 Aplikasi Resep Masakan Ini Siap Membantumu Menyiapkan Menu Buka Puasa dan Sahur

Baca Disini: Mengapa Kurma Baik Bagi Kesehatan dan 3 Resep Mengolahnya Untuk Berbuka Puasa

Yuk Cobain 3 Resep Minuman Buka Puasa Ala Sirup ABC Special Grade

Buka Puasa Dengan Es Batu Buah, Alami dan Segar Banget!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close