Di tahun ini kita memasuki era digital, yang mana populasi online dunia sedang tinggi-tingginya. Menurut data yang berhasil dihimpun, jumlah manusia yang online pada tahun ini mencapai 63% loh, PiBi. Angka tersebut menunjukkan kalau antusias masyarakat dalam go online memang tidak bisa dibendung lagi.

Nah, jika kamu pandai membaca peluang, maka seharusnya kamu memanfaatkan hal tersebut menjadi sebuah potensi bisnis. Mengingat banyaknya sumber informasi yang tersedia di internet, maka manusia di jaman now menjadikan solusi dari permasalahannya di dunia nyata. Benar atau fakta? Contoh kecil saja, saat kamu bingung dengan sebuah pertanyaan, pasti kamu akan browsing di Mbah Google. Ya kan?

Saat yang lain tengah disibukkan dengan masalah yang dihadapi, kenapa kamu tidak menjadi solusinya? Yap, setiap orang pasti selalu browsing mengenai kendala yang sedang dia alami. Kadang, jika beruntung dia akan mendapat informasi yang sesuai. Tapi hanya sekedar informasi, bukan aksi. Nah, di sinilah peranmu dibutuhkan. Berbekal kemampuan yang kamu miliki, sudah saatnya kamu membangun usahamu sendiri dalam era digital yang biasa disebut sebagai Startup.

Keinginan sih ada, tapi tidak tahu bagaimana memulainya? Jangan khawatir, PiBi. Kali ini Palingbaru.com akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membangun Startup mu sendiri sekarang juga. Simak yuk!

1. Idea

Akar dari Startup adalah ide. Kamu harus memiliki ide brilliant yang bisa membantu masyarakat dalam menyelesaikan kendala di dunia nyata. Selain itu, kamu juga harus punya rumusan masalah serta visi misi yang jelas. Semua harus ditentukan dari awal, jadi kerangka atau konsep bisnismu nanti tidak akan melebar ke hal yang bukan kapasitasmu.

2. Development

Saat kamu sudah yakin dengan idemu, maka kerjakanlah. Bangun usahamu sebelum ide tersebut dicuri oleh orang lain. Dalam hal ini, kamu harus memulainya dengan mengatur berbagai hal, mulai dari design, logo, karakter perusahaan, resource, infrastruktur, dan beta testing. Kalau dalam bahasa gaulnya, kamu harus membangun produk sampai menjadi prototype yang biasa disebut MVP (Minimum Viable product).

3. Market

Yang satu ini tidak bisa kamu lupakan, PiBi. Usaha berjenis apapun, baik jual jasa maupun barang pasti tujuan utama adalah profit. Yap, profit didapatkan jika perusahaan tersebut menemukan market yang tepat sesuai sasaran. Maka dari itu, kamu juga harus pandai melihat serta menentukan marketmu. Nilai jual produk usahamu tergantung dari market yang kamu tuju loh, PiBi. Jadi, jangan salah dalam memilih market ya!

4. Funding

Setelah semua tahapan sudah dilalui, kamu juga perlu memperhatikan soal modal. Iya sih, walau uang bukanlah hal yang paling penting dalam usaha, tapi uang juga perlu diperlukan dalam meningkatkan progress usahamu, misalnya untuk upgrade resource ataupun untuk promosi. Jika kamu tidak bisa berdiri sendiri dalam pendanaan, alangkah baiknya kamu mencari investor yang bisa mendanai usahamu. Yakinlah, dengan ide atau konsep bisnis yang memang fresh dan memiliki potensi baik, pasti banyak pihak yang akan mendukung, termasuk investor.

Nah, itu dia 4 tips yang bisa kamu gunakan dalam membangun Startup di jaman now. Semoga sukses ya, PiBi!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar