HealthHow To

5 Cara Mudah Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Palingbaru – Manusia makin ke sini semakin konsumtif. Selalu memberi handphone baru ketika edisi baru diluncurkan padahal handphone yang lama masih bagus. Ada pula orang yang hobi belanja banyak, meski pada akhirnya banyak make up atau pakaian yang mereka beli jadi jarang dipakai bahka berakhir tidak dipakai sama sekali. Belum lagi diskon hari raya yang membuat masyarakat semakin kalap.

Apa PiBi merasa seperti salah satu dari jenis orang-orang tersebut? Tidak ‘kah terkadang gaya hidup tersebut membuat PiBi justru stress dan lelah? Semakin konsumtif, maka kondisi finansial semakin tidak stabil. Ruang yang penuh pun bisa menjadi sumber dari stress.

Yuk, cobain gaya hidup minimalis yang sedang populer. Prinsip minimalis mempercayai bahwa “less is more”. Ketika PiBi belajar membatasi barang hingga kegiatan dan target dalm kehidupan, hidup akan jadi terasa lebih lengan. Sama halnya membuang beban seperti membuang smapah yang membuat risih.

Bingung mau memulai dari mana? Ikuti beberapa cara mudah berikut untuk beralih pada gaya hidup minimalis.

  1. Siapkan kardus dan mulai menyeleksi barang.

gaya hidup minimalis (2)

Mulai ambil tindakan nyata yaitu dengan menyediakan kardus dan berkeliling ke setiap sudut rumah. Temukan barang-barang duplikat, misalnya ketika PiBi sepatu yang nyaris sama, pakaian yang berlibihan dan tidak pernah dipakai, piring dan sendok yang tidak pernah dipakai. Packing barang tersebut pda kardus sesuai dengn kategori barang agar lebih rapi.

Labeli kardus dengan tulisan ‘duplikat’, simpan selama 30 hari. Jika dalam jangka waktu 30 hari PiBi sama sekali tidak membuka kardus tersebut dan lupa apa isinya. Itu tandanya selama ini PiBi tidak terlalu membutuhkan barang-barang tersebut. Waktunya disumbangkan atau dibuang!

  1. Berpakaian sederhana dan minimalis.

gaya hidup minimalis (3)

Coba juga dengan membuat penampilan PiBi lebih minimalis, nyaris menggunakan pakaian yang sama setiap hari. Temukan gaya berbusana sesuai kepribadianmu dan terapkan hal tersebut selama 30 hari. Misalnya, PiBi hanya menentukan untuk menggunakan celana jeans dan t-shirt polos, dengan jacket, tas, dan sepatu yang sama setiap hari. Pilihlah barang yang paling PiBi sukai.

Faktanya, ketika PiBi punya pattern yang sama dalam berbusana setiap hari, kamu jadu gak perlu bingung menetukan ingin berpakaian sepeti apa setiap pagi. Jadi hemat waktu, bukan?

  1. Memakan menu yang sama dalam jangka waktu tertentu.

gaya hidup minimalis (4)

PiBi juga bisa memanfaatkan hal ini untuk diet dan mengatur pola makan. Tak hanya barang, orang-orang pada umunya juga suka kalap ketika sedang berbicara soal makanan. Jangn biasakan menghamburkan uang dengan makanan enak saat awal bulan. Makan mewah ketika PiBi memang sedang ingin, itu pun harus dibatasi.

Buatlah pola makan yang sama setiap harinya yang PiBi masak sendiri di rumah agar lebih hemat dan higenis pastinya.

  1. Utamakan hutang dan tagihan.

gaya hidup minimalis (5)

Hidup minimalis adalah tentang fokus dengan prioritas dari pada hasrat. Setelah gajian, biasakan dulukan membayar tagihan dan utang-utang PiBi. Setelah beberapa bulan menerapkan pola hidup ini, dijamin kamu bakal bebas dari utang dan memiliki uang lebih. PiBi juga pasti akan mulai terbiasa untuk tidak kalap setelah gajian, dijamin finansial kamu akan lebih teratur kedepannya.

  1. Buat daftar barang yang ingin dibeli.

gaya hidup minimalis (6)

Untuk menghindari kebiasaan konsumtif dan kalap, buatlah daftar prioritas barang yang ingin PiBi beli. Hidup minimalis bukan berarti Pibi tidak bisa lagi menghabiskan uang untuk headphone gaming terbaru atau sepatu limited edtion yang memang kamu idamkan. Boleh membeli barangyang diinginkan, intinya jangan kalap.

Buat daftar yang PiBi butuhkan hingga yang diinginkan. Jangan membeli barang yang tidak ada dalam daftar dan biasakan tidak tergiur dengan diskon. Beli barang diskon boleh, asa;l memang kamu sedang membutuhkan barang tersebut.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close