News & InformationPeople

5 Fakta Menarik Tentang Santri yang Wajib Kamu Tahu

Hallo, ….  Sahabat Pibi, tahu enggak kalian kita saat ini kita sedang memperingati hari apa ? Iya, hari ini (22/10) Indonesia sedang memperingati Hari Santri Nasional. Pasti yang jadi santri udah hafal banget ya sama hari ini. Tapi tahu enggak sih, ada beberapa fakta tentang santri yang tidak banyak orang tahu loh. Penasaran kan apa aja ? yuk, kita cek di bawah ini.

Kemerdekaan Indonesia Tak Lepas Dari Peran Santri

Dilansir dari laman nu.or.id tidak akan ada hari pahlawan tanpa adanya resolusi jihad. Tidak ada resolusi jihad tanpa adanya santri. Kemerdekaan bangsa Indonesia dan santri adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. KH. Hasyim Asyari mengeluarkan fatwa fardlu ain bagi umat Islam untuk memerangi orang yang merintangi kemerdekaan Indonesia. Para kyai dan santrinya menyambut dengan antusias tinggi. Sejak saat itu santri berjuang bersama untuk memerangi para penjajah.

Makan se-lengser bersama

Makan se-lengser bersama menjadi salah satu ciri khas santri di pesantren. Maksud dari lengser sendiri adalah alas untuk makan. Apapun makanannya akan terasa enak apabila dimakan bersama. Tidak peduli bagaimana rasanya, enta itu gosong, terlalu asin ataupun pedas, para santri tetap melahapnya. Masalahnya, kalau tidak berani ambil resiko itu, dijamin tidak kenyang karena kalah dengan yang lain. Hehehe.

Serba Antri

Untuk menikmati fasilitas pesantren, para santri wajib untuk antri. Walaupun ketika mandi.  Para santri harus bersabar untuk mendapatkan giliran mandi, hal ini dikarenakan jumlah kamar mandi yang terbatas. Selain itu, untuk makan saja, kadang santri harus antri untuk mendapatkan jatah makan.

Mendapat Ta’zir (Hukuman)

Semua pesantren di Indonesia memiliki peraturan yang wajib ditatai oleh seluruh santri. Jika ada yang melanggar, santri tersebut akan dikenakan hukuman. Baik itu di gundul, diceburkan ke kolam hingga dijemur di lapangan pesantren dengan atribut lengkap seperti papan bertuliskan kesalahannya. Hal ini bertujuan untuk melatih mental serta tanggung jawab.

Terbiasa dengan hafalan

Setiap santri pasti ditargetkan untuk menghafal, baik kitab maupun ayat Al-qur’an. Setelah menghafal, para santri akan menyetorkan hafalan tersebut kepada sang ustadz atau ustadzah. Apabila tidak memenuhi target maka aka nada konsekuensi yang harus diterima santri tersebut. Hal ini bertujuan agar santri mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Nah itulah beberapa fakta menarik tentang santri. Kehidupan pesantren yang serba apa adanya akan melatih santri untuk selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Selamat Hari Santri Nasional !

By Nana Riyana

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close