Uncategorized

5 Tips Jitu dan Cerdas Berbelanja Saat Liburan di Luar Negeri. Gak Bikin Kantong Jebol!

Pals! Jalan-jalan ke luar negeri memang wajib berbelanja, rasanya tidak lengkap jika tidak belanja. Secara, kapan lagi kita berbelanja dengan harga yang lebih murah dan lebih lengkap dari yang dijual di Negara sendiri. Apalagi jika sedang ada sale besar-besaran, maka wajib hukumnya untuk berbelanja.

Nah, berbicara mengenai anggaran belanja keluar negeri, kita biasanya kurang persiapan dalam merencanakan liburan dan belanja. Hasilnya, anggaran yang disiapkan bisa saja kurang atau bahkan tidak jelas kemana habisnya. Tentunya hal itu tidak baik untuk kesehatan dompet kamu karena mengontrol keuangan bahkan saat berbelanja dapat menentukan masa depan kondisi keuangan kamu.

Sebagai pembeli yang cerdas, kamu perlu menerapkan sistem yang tepat agar kamu tidak merasa rugi atau timbul penyesalan setelah kamu menghabiskan seluruh isi dompet. Jadi, sebelum berbelanja dan membeli barang-barang kesukaan kamu di luar negeri, lakukan beberapa hal berikut ini agar kamu tetap bisa berbelanja dengan nyaman tanpa khawatir kantong jebol. Berikut tipsnya dari tim Palingbaru.com. Check this out!

1. Lakukan Survei Harga

Jika kamu liburan ke luar negeri dan merencanakan untuk berbelanja di sana, pastikan terlebih dahulu harga barang dan jenisnya. Siapa tau, jika dihitung-hitung barang yang kamu beli gak taunya lebih murah beli di Indonesia. Selain itu, jangan mudah tergoda dengan harga yang dipajang oleh para pedagang. Kamu harus survei, kalau perlu keliling satu pasar terlebih untuk mencari penjual yang paling murah. Bisa jadi di sudut lain pasar, ada yang lebih murah lagi. Who knows kan!

Baca Juga: Masih Muda Waktunya Travelling! Jangan Sampai Menyesal!

2. Buat Daftar Belanja

Buat daftar belanja (foto: pixabay)

Disiplinkan diri untuk hanya membeli barang sesuai daftar. Sehingga kamu tidak menghabiskan uang banyak hanya karena iming-iming diskon serta hanya membeli barang yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu. Pastikan daftar yang kamu buat rasional dan sesuai dengan anggaran yang kamu miliki agar uang di dompet kamu tidak habis terkuras karena berbelanja.

Baca Juga: Hotel Unik dan Lucu di Lombok yang Instagram-able Banget!

3. Pastikan Sesuai

Ketika berbelanja pastikan barang yang kamu beli sesuai dengan keadaan di Indonesia. Misalnya, baju musim dingin yang sangat berat dan tebal, tentunya tidak cocok dikenakan di negera tropis seperti Indonesia. Kecuali, jika memang kamu sengaja membelinya untuk dipakai liburan ke Negara yang bersalju.

4. Coba Seluruh Barang Yang Akan Dibeli

coba seluruh barang yang akan dibeli (foto: pixabay)

Setiap akan membeli suatu barang, kamu wajib banget hukumnya untuk mencoba. Biasakan mencoba sebelum dibeli, kalo gak boleh dicoba gak usah dibeli! Kenapa begitu? Karena, jika barang yang kamu beli tidak pas maka akan percuma dan sia-sia. So, pastikan barang yang kamu beli PAS. Gak mungkin kan kamu balik lagi ke luar negeri cuman buat nuker barang yang gak pas.

Baca Juga: Ocean Park, Wahana Wisata Air Terbaru di Jepara! Waterpark Dengan Pemandangan Pantai.

5. Siapkan Mata Uang Lokal

siapkan mata uang lokal (foto pixabay)

Ini wajib banget hukumnya! Yaiyalah! Kalo kamu gak punya mata uang lokal disana, gimana caranya kamu buat belanja? Karena gak semua Negara nerima Dollar Amerika untuk bertransaksi. Kebanyakan mereka hanya menerima mata uang lokal atau debit card dan kredit card. Bisa juga kamu menukarkan uang ketika disana di money changer, tetapi jika kamu menggunakan Rupiah maka akan dihargai murah sekali. Lebih baik disiapkan dari sebelum kamu meninggalkan Indonesia. (TR)

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close