Uncategorized

5 Tips Liburan Tetap Segar & Semangat Meskipun Berpuasa!

Bulan puasa bukan alasan untuk kita tidak pergi berlibur. Walaupun harus menahan haus dan lapar, liburan tetap harus jalan terus. Apalagi, kini telah mendekati musim liburan untuk anak sekolahan dan kuliahan. Puasa sering dijadikan alasan untuk tidak melakukan aktivitas sama sekali, karena lemas. Padahal, tubuh yang lemas dikarenakan kita hanya berdiam diri, tidur-tiduran atau leyeh-leyeh. Dengan liburan, pikiran dan tubuh kita akan kembali fresh walaupun sedang berpuasa. Karena itu, ketika berpuasa jangan takut untuk liburan. Tim Paling Baru berikan tips liburan tetap segar dan semangat meskipun sedang berpuasa. Check this out, guys!

1. Mengkonsumsi Makanan Yang Bergizi

 

Makanan Bergizi (Sumber: Sehat Segar Bugar)

Selama bulan puasa, kamu harus memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh mu. Usahakan 4 sehat 5 sempurna, untuk memenuhi nutrisi dan gizi yang tubuh kamu butuhkan. Kurangi konsumsi makanan berminyak dan mengandung kadar garam serta gula yang tinggi. Karena, jika mengkonsumsi makanan berminyak dan berkadar gula-garam tinggi maka akan meningkatkan rasa haus, akan membuat tenggorokan kamu kering atau dehidrasi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin agar stamina tubuh kamu selama berlibur dan berpuasa tetap terjaga. Jadi, kamu tetap segar dan bersemangat selama liburan karena kondisi tubuh kamu yang fit.

2. Istirahat Cukup

Tidur Yang Cukup (Sumber: Dream)

Beristirahatlah yang cukup dengan cara cukup tidur. Istirahat yang cukup sangat membantu daya tahan tubuh kamu, sehingga ketika bangun tidur tubuh kamu terasa lebih fresh dan bersemangat untuk melakukan segala kegiatan selama liburan. Jika istirahat tidak cukup, maka tubuh akan lemas, gampang lelah dan mudah terserang penyakit.

3. Kurangi Aktivitas Fisik Yang Berat

Kurangai Aktivitas Fisik (Sumber: Tribun News)

Ketika liburan sambil berpuasa kamu harus mengurangi aktivitas fisik yang berat agar puasa kamu tidak batal. Misalnya, kamu harus mengurangi bepergian dan bermain pada siang hari ketika matahari sedang terik-teriknya. Karena, hal ini dapat menguras energi kamu dan membuat kamu mudah lelah. Cari tahu mengenai daerah yang menjadi tempat tujuan mu berlibur, sehingga ketika sudah sampai di tempat liburan kamu tidak akan nyasar atau membuang energi lebih untuk menanyakan kepada warga sekitar mengenai tempat liburan mu.

4. Siapkan Perbekalan Untuk Berbuka Puasa

Sedia Bekal Makanan (Sumber: Papa Semar)

Ketika liburan seringkali kita tidak memperhatikan waktu. Pastikan kamu selalu menyiapkan bekal berupa air mineral, buah kurma dan biskuit untuk teman berbuka mu. Jadi, ketika waktunya berbuka puasa tetapi kamu masih di dalam perjalanan maka kamu tetap bisa membatalkan puasa mu.

5. Tetap Beribadah

Beribadah Selama Liburan (Sumber: Hidayatullah)

Selama liburan maka ibadah harus tetap jalan terus. Bukan alasan jika liburan membuat kamu lupa beribadah. Pastikan kamu selalu membawa seperangkat alat sholat di tas mu. Dengan mengingat Tuhan, maka hidup mu menjadi semakin lebih tenang dan teratur.

(TR/RF/ST/FM)

Baca Juga:

5 Persiapan Penting Untuk Liburan yang Gak Boleh Ketinggalan!

5 Tips Jitu dan Cerdas Berbelanja Saat Liburan di Luar Negeri. Gak Bikin Kantong Jebol!

Horas! Liburan Ke Medan Kurang Lengkap Tanpa Mengunjungi Tempat Wisata Ini!

Liburan Hemat Ke Bali. Menginap Di Padma Resort Legian Diskon 50% Via CIMB Niaga!

Liburan Ke Luar Kota Lebih Hemat Bersama Citilink Dan Hotel Best Western!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close