Uncategorized

5 Wisata Temanggung yang Nggak Semua Orang Tahu!

Biasanya, kamu diajak oleh temen-temenmu untuk liburan itu kemana ? Ke Jogja? Ke Bali ? Atau ke Malang? Terus kamu ngikut aja ?

Sekarang, kalau kamu diajak lagi, jangan ngikut-ngikut aja ya ? Sesekali kamu harus nawarin untuk liburan ke tempat lain, tempat wisata baru dan yang nggak semua orang tahu. Dimana itu ?

Banyak! Nggak cuma Jogja, Bali dan Malang saja. Indonesia punya banyak sekali pesona alam yang luar biasa indahnya dan belum banyak orang yang tahu, salah satunya di Temanggung, Jawa Tengah.

Terletak di sekitar Gunung Sindoro dan Sumbing membuat Kota Temanggung bukan hanya kaya tembakau, tapi juga memiliki tempat wisata yang memanjakan mata kita.  Nggak percaya ? Simak, 5 tempat wisata Kota Temanggung yang nggak semua orang tahu!

1. Menikmati Sunrise di Posong, Temanggung.

Menikmati Keindahan Posong Temanggung (sumber: semaulina.wordpress.com)

Berada di daerah Gunung, ironi dong kalo nggak punya tempat wisata untuk menikmati keindahan pemandangan pegunungan yang eksotik.

Di Temanggung kamu bisa menikmati sunrise di Posong Temanggung.  Tepat di tengah-tengah Gunung kembar, yaitu, Sindoro dan Sumbing, Posong Temanggung menghadirkan pemandangan khas Kota Temanggung.

Wisata Posong Temanggung (sumber: sihidun.blogspot.com)

Dikatakan khas karena, ketika kamu menginjakan kaki di Posong Temanggung, ketika itu juga kamu akan menikmati keindahan dari hamparan kebun tembakau yang luar biasa. Ditambah lagi dengan perpaduan antara udara dingin khas Temanggung dengan kehangatan dari sinar Matahari di pagi hari, semakin membuatmu cinta dengan kota ini. 

Selain itu, kamu bisa menikmati sunrise di Posong Temanggung dengan duduk di gazebo sambil menyeruput secangkir kopi yang bisa kamu dapatkan dari penduduk sekitar.

Kebun Tembakau Posong Temanggung (sumber: merahputih.com)

Oiya, Posong Temanggung ini terletak di perbatasan antara Wonosobo dan Temanggung. Jalan masuknya melewati jalan perkampungan berada di kanan jalan, kalau dari Parakan, Temanggung. Walaupun bisa menggunakan mobil, kamu tetap harus hati-hati, karena kamu akan menikmati jalan naik khas pegunungan. Jadi, pastikan kembali kendaraanmu dalam kondisi yang prima.

2. Abadikan dan Pamerkan Fotomu di Padang Sabana Kledung Pass, Temanggung.

Padang Sabana atau Savana, Kledung bukan kedung, ya. Jangan salah nama, salah nama bikin kamu susah nanya lokasi nya, hehehe. 

Sesuai namanya, Padang Sabana ini adalah tempat yang sangat cocok untuk mengabadikan dan memamerkan foto-fotomu, karena efek dari hamparan padang rumput yang dipenuhi dengan semak ini akan membuat temann-temanmu iri dan bertanya, “itu tempatnya dimana ?”.

Bermain dengan Padang Sabana Temanggung (sumber: ridho-dido.blogspot.co.id)

Lokasi Padang Sabana ini dekat Posong, Masuknya lewat tengah-tengah Gunung Sindoro dan Sumbing. Padang Sabana Kledung Pass ini adalah jalur utama penghubung Temanggung dan Wonosobo.

3. Lengkapi Posong dan Padang Sabana dengan Embung Kledung, Temanggung.

Embung Kledung (sumber: kompasiana.com)

Kalau di Jogja ada danau yang disulap jadi tempat wisata, Embung Nglanggeran. Di Temanggung ada, danau buatan dengan view yang sangat indah, namanya Embung Kledung. Danau buatan Embung Kledung ini sebenarnya berfungsi untuk menyimpan cadangan air yang berguna untuk pengairan perkebunan di Kledung.

Embung Kledung (sumber: phinemo.com)

Tapi, karena tempatnya indah, sekarang Embung Kledung ini juga dimanfaatkan untuk wisata. Banyak orang yang memanfaatkan tempat ini untuk melihat Gunung Sindoro yang kebetulan view nya sangat cantik dari Embung Kledung ini. Karena lokasinya di kaki Gunung Sindoro, kamu akan rugi ketika kamu ke Posong dan Padang Savana Kledung Pass tapi tidak mampir ke tempat ini, hehehe. 

4. Mengingat Kenangan di Air Terjun Curug Trocoh atau Curug Surodipo, Temanggung.

Curug Trocoh, Temanggung (sumber; negeriangin-negeriangin.blogspot.com)

Setiap orang punya sensasi dan kenangan tersendiri ketika mendengar suara air terjun. Bisa jadi, ketika mendengar suara merdu air terjun, kamu jadi teringat dengan mantan terindahmu, yang sekarang entah kemana, hahaha.

Nikmati sensasi dan ingatlah kenangan rahasiamu di Curug Trocoh, Temanggung. Curug Trocoh, atau yang lebih dikenal dengan nama Curug Surodipo ini terletak di Desa Tawangsari, Kec.Wonoboyo, Temanggung.

Air Terjun Curug Trocoh Temanggung (sumber IG: angga_ktbffh79)

Di tambah lagi, dengan suasana yang syahdu dari rimbunya pepohonan di sekitar air terjun. Dijamin, kalau kamu punya kenangan liburan dengan mantan di air terjun, suasana seperti ini akan mengingatkanmu kembali kepadanya, hahaha.

5. Pikatan Water Park, Membuat Keluargamu Bahagia.

Pikatan Water Park Temanggung (sumber: tripadvisor.co.uk)

Masih di dunia air. Kalau kamu ingin menikmati suasana air dan bahagia bersama keluarga, kamu bisa ke Pikatan Water Park. Disana kamu bisa bermain beragam wahana air yang sesuai dengan semua anggota keluargamu, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Letak Pikatan Water Park ini dekat dari alun-alun temanggung, tepatnya di Jl Raya Pikatan, Temanggung.

Keasyikan Bermain di Pikatan Waterpark (sumber: indoplace.com)

Oiya, Pikatan Water Park ini adalah wisata unggulan dari Kota Temanggung, lho. Jadi, yakin nggak mau bahagiain keluargamu ?

Bermain di Pikatan Temanggung (sumber: youtube)

Nah kalo kamu bingung nyari penginapan yang ada daerah Temanggung. Kamu bisa booking, tanpa bayar dulu dan nggak ada biaya pemesanan, bahkan kalau pun kamu kepaksa banget mau batalin booking kamarnya, kamu tidak akan dikenakan biaya. Mau ? Silahkan langsung cek Booking.com-Hotel di dekat Temanggung.  

(FM)

Baca Juga:

5 Wisata Horor Menyeramkan Dan Pas Untuk Uji Nyali Di Bandung!

Horas! Liburan Ke Medan Kurang Lengkap Tanpa Mengunjungi Tempat Wisata Ini!

Ocean Park, Wahana Wisata Air Terbaru di Jepara! Waterpark Dengan Pemandangan Pantai.

Wedi Ireng: Destinasi Wisata Terbaru di Banyuwangi yang Membuat Anda Serasa Memiliki Pantai Sendiri

Ini Dia Danau Diatas Perbukitan Yang Di Sulap Menjadi Tempat Wisata Baru di Yogyakarta!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close