Uncategorized

7 Tanda Kamu Mengorbankan Kesehatanmu Demi Pekerjaan

Senin hingga Jumat. Jam 9 hingga jam 5 (bahkan lebih). Di waktu-waktu ini kita bekerja keras untuk menyelesaikan tanggungjawab kita di kantor. Kemudian kita benar-benar lelah di hari Sabtu dan Minggu, bangun sangat siang, nonton TV, sampai tiba hari Senin lagi. Kita semua pasti tahu rasanya. Hehehe…

Tapi, kita seringkali tidak sadar bahwa kita mengorbankan kesehatan jasmani dan rohani kita demi menyelesaikan pekerjaan. Bukan berarti kita tidak boleh bekerja keras. Tetapi, tentu kita harus tahu ketika sudah mencapai batas yang membahayakan kesehatan. Kalau kita tidak sehat dan tidak bahagia, hasil pekerjaan pun tidak maksimal.

Berikut ini adalah 7 tanda kamu mengorbankan kesehatanmu demi pekerjaan.

1. Kamu Mengalami Masalah Kesehatan

Pernah saking menumpuknya pekerjaan, kamu sampai makan terlalu banyak atau mungkin terlalu sedikit? Belum lagi makanan yang kamu konsumsi itu tidak sehat? Atau mungkin kamu merasakan nyeri berkelanjutan di bagian persendian? Ini adalah tanda paling nyata bahwa kamu mengorbankan kesehatanmu demi pekerjaan.

2. Kamu Cepat Merasa Lelah

Kamu susah bangun pagi, terlalu bergantung pada kopi agar tidak ngantuk, dan susah berkonsentrasi. Ketika kamu cepat lelah, kamu akan mengalami permasalahan kognitif yang membuatmu sulit fokus dan mudah lupa. Hmm.. Rasanya seperti berusia 20 tahun lebih tua dari usia sebenarnya, deh.

Seimbangkan Hidupmu (sumber: Time)

3. Harus Membawa Pekerjaan Pulang Ke Rumah

Kamu punya waktu 24 jam sehari, tapi rasanya waktu itu sangat singkat sehingga pekerjaan tidak pernah selesai. Konsekuensinya, kamu harus membawa pekerjaan ke rumah. Jadi, tidak ada bedanya antara jam kerja dan waktu istirahat. Parahnya kalau saat liburan pun kamu masih memikirkan pekerjaan.

4. Hubungan Interpersonal Memburuk

Karena waktumu habis untuk urusan pekerjaan, hubunganmu dengan keluarga dan teman-teman jadi memburuk. Kamu hanya punya sangat sedikit waktu untuk mereka. Bahkan saat bersama keluarga atau teman kamu tetap memikirkan pekerjaan. Stres bisa menjadi pembatas antara kamu dan orang-orang tersayang.

5. Kamu Jadi Mudah Marah

Karena stres berlebihan, kamu jadi mudah marah. Hal kecil pun bisa membuatmu darah tinggi. Seringkali perasaan ini diikuti dengan meningkatnya pikiran-pikiran negatif baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

6. Level Kepuasan Menurun Drastis

Karena dipenuhi pikiran-pikiran negatif, level kepuasanmu akhirnya menurun. Kamu pun sulit bersyukur terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarmu. Setiap kemajuan kecil kamu anggap tidak ada artinya.

7. Performa di Kantor Menurun

Saking banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, performamu bisa menurun, lho. Sebabnya adalah tubuh dan otakmu sudah kelelahan dan tidak sanggup lagi mengejar tuntutan pekerjaan. Kamu mungkin masih tetap bekerja keras, tapi tidak pada performa terbaik.

Nah, dari 7 tanda di atas, ada berapa tanda yang kamu sedang alami? Kalau lebih dari 4, mungkin kamu butuh istirahat sebentar, atau mungkin liburan sebentar. Biar bagaimanapun kesehatan itu penting, lho! Liburan ke pantai dulu, yuk!

(RF)

Baca Juga: 

Tidur Siang Dapat Membuatmu Semakin Kreatif, Lho! Kok Bisa?

3 Jenis Makanan yang Kita Pikir Sehat Ini Ternyata Buruk Bagi Kesehatan

Cold Press Juice, Jus Buah dan Sayur Segar yang Praktis Dibawa Kemana Saja

Sudah Tahukah Kamu 2 Tren Kesehatan yang Sedang Hits Tahun 2016 Ini?

Anger Management: Jangan Melakukan Hal-hal Ini Kalau Kamu Sedang Marah

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close